Headnews

Ulang Tahun ke-22 Parna Kecamatan Tarabintang, Istri Wakil Bupati Humbang Hasundutan di Ulosi.

HUMBAHAS, KLIK7 TV.CO.ID – Perkumpulan Parna yang didirikan pada 21 Juni 2002 rayakan ulang tahun ke-22 di Kecamatan Tarabintang. Parna yang tergabung dalam satu perkumpulan yang dinamakan “Sada Anak Sisada Boru” sebagai perwujudan penyatuan dalam satu ikatan seluruh Parna yang ada.

Pembentukan perkumpulan ini sebagai simbol kerukunan dalam persaudaraan dari satu sumber keturunan leluhur yakni Simbolon. Banyaknya Parna di seluruh Indonesia tentu satu bentuk ikatan keluarga yang harmonis yang hingga kini masih terjaga dalam satu keluarga adat yang kuat.

Perkumpulan parna yang sudah dianggap cukup dewasa masih saat ini telah meluas hingga diberbagai wilayah Indonesia dan bahkan luar negeri. Hal ini bertujuan untuk penyatuan cita-cita mulia sebagai terjemahan dari keluarga Parna itu sendiri.

Dalam kegiatan ulang tahun ke-22 ini turut hadir Ermi br. Simbolon istri Oloan Pancaran Nababan Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Parna kecamatan Tarabintang anak beserta boru.

Ulang tahun ke-22 Parna ini diadakan di Desa Tarabintang Kecamatan Tarabintang Kabupaten Humbang Hasundutan pada 03 Juli 2024 dengan memberikan Ulos kepada Ermi Simbolon sebagai bentuk syukur dan terimakasih kepada Boru Parna yang telah mendampingi sang suami Oloan Nababan sebagai wakil Bupati Humbang Hasundutan yang menjalankan tugas dengan baik di wilayah Parna.

Mostari Simbolon selaku ketua perkumpulan Kecamatan Tarabintang mengatakan bahwa pemberian ulos kepada Boru adalah salah satu bentuk kasih sayang kepada Boru karena elek marboru menjadi pondasi agar menjaga dan memberikan kasih sayang kepada Boru Parna layaknya seorang ayah kepada anak perempuannya. Ia akan menjaga dan mendidiknya.

Pemberian ulos diyakini sebagai simbol ikatan adat yang kuat sebagai penyokong untuk ketangguhan jiwa pribadi yang diuolsi,” kata Mostari.

Apalagi saat ini sedang mendampingi wakil bupati Humbang Hasundutan dalam menjalankan amanah rakyat, kiranya tetap semangat dan selalu peduli kepada sesama,” imbuhnya.( LN.IT )

Related Posts