POLRI

Siap Amankan Malam Takbiran, Polres Wonogiri Optimalkan Personil Pengamanan

WONOGIRI,KLIK7TV.CO.ID – Menjelang malam Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Polres Wonogiri menggelar apel siaga bersama TNI Kodim 0728/Wonogiri. Dan instansi terkait. Apel siaga yang digelar di halaman Pendopo rumah dinas Bupati Wonogiri ini diikuti oleh sedikitnya ratusan personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub serta instansi samping lainnya. Selasa (9/4/2024)

Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, S.H., S.I.K., M.M., M.Si., yang memimpin langsung jalannya apel pengamanan tersebut menegaskan, apel digelar dalam rangka pengamanan serta mengantisipasi gangguan Kamtibmas yang mungkin terjadi di malam Takbir.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh personel yang hadir untuk melaksanakan tugas mengamankan malam takbir dan Idul Fitri 1445 H.” Ujarnya

AKBP Indra menuturkan, sasaran pengamanan kali ini meliputi beberapa titik diantaranya jalur mudik, Selain itu, saat malam takbir ini dipastikan tingkat aktivitas masyarakat akan meningkat signifikan terutama pada tempat ibadah, pusat pertokoan dan perbelanjaan, tempat wisata dan kuliner serta lokasi keramaian lainnya.

“Saya minta seluruh personel melaksanakan tugas ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Bangun sinegitas yang kuat, percayalah bahwa tugas kita ini adalah tugas kemanusiaan yang bernilai ibadah.” Imbuhnya.

AKBP Indra menekankan lakukan deteksi dini guna mengantisipasi segala potensi gangguan, tingkatkan kewaspadaan terhadap setiap kerawanan sekecil apapun, tingkatkan patroli khususnya spot rawan macet dan kecelakaan maupun kriminalitas.

“Pengamanan ini merupakan kegiatan kemanusiaan. Untuk itu saya minta kedepankan preventif humanis. Jangan arogan. Buka ruang dialog sehingga keberadaan kita dilapangan benar-benar membawa manfaat dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.” Ucapnya.

Sementara itu, Kabagops Polres Wonogiri Kompol Agus Syamsudin, S.H., menuturkan, khusus untuk pengamanan malam ini Polres Wonogiri mengerahkan seluruh perkuatannya baik tingkat Polres maupun Polsek jajaran sejumlah 427 personil Polres Wonogiri.

“Kita semua all out melakukan pengamanan, terkait kerawanan-kerawanan yang ada, baik kemacetan dan balap liar serta tempat-tempat ibadah baik gereja maupun masjid agar tetap menjadi sasaran pengamanan berkaitan dengan ancaman terorisme.” Tegasnya.

Untuk pola pengamanan yang diterapkan tidak jauh berbeda dengan pengamanan malam takbir sebelumnya. Personel yang terlibat dibagi menjadi beberapa unit kecil lengkap dan tim urai yang ditempatkan di beberapa titik rawan diseputaran kota Wonogiri. Sedangkan sisa personel lainnya akan di kerahkan untuk patroli skala besar bersama stakeholder.

Khnza

Related Posts