POLRI

Ratusan Personel Siap Amankan Malam Takbiran dan Idul Fitri di Kabupaten Jepara

JEPARA,KLIK7TV.CO.ID – Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban selama malam takbir Idul Fitri 1445 H/2024 M, sebanyak 431 aparat gabungan yang terdiri dari Polres Jepara, TNI, Satpol PP, Dishub, dan instansi terkait lainnya melakukan pengamanan di berbagai titik strategis di Kabupaten Jepara. 

Apel pengamanan malam takbir Idul Fitri 1445 H dilaksanakan di lapangan Apel Mapolres Jepara, Selasa (9/4/2024).

Pengamanan malam takbir Idul Fitri merupakan salah satu pemerintah daerah dalam memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat selama perayaan Idul Fitri. 

Tim gabungan tersebut dilengkapi dengan personel yang terlatih dan dilengkapi dengan peralatan yang memadai untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan yang mungkin terjadi.

Apel pengamanan malam takbir Idul Fitri 1445 H/2024 M dihadiri oleh para pejabat dari berbagai instansi terkait, seperti Kepolisian, TNI, Satpol PP, Dishub, dan lainnya. 

Para personel yang hadir dalam apel tersebut diberikan arahan dan petunjuk mengenai tugas-tugas mereka selama pengamanan malam takbir.

Selain melakukan pengamanan di sekitar Masjid Agung Jepara, tim gabungan juga akan tersebar di berbagai titik lainnya di Kabupaten Jepara yang dianggap rawan untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan. 

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa masyarakat dapat merayakan malam takbir dengan aman dan tentram.

Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, bahwa pihaknya bersama dengan tim gabungan lainnya siap untuk mengamankan malam takbir Idul Fitri 1445 H/2024 M. 

“Sore ini kita kita melaksanakan apel pengamanan malam takbir Idul Fitri 1445 H. Apel pengamanan ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat,” ujar AKBP Wahyu. 

Abituren Akpol 2003 ini juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti petunjuk dari petugas keamanan selama perayaan Idul Fitri.

Masyarakat diharapkan dapat bekerja sama dengan petugas keamanan dan melaporkan segala hal yang mencurigakan agar dapat ditindaklanjuti dengan cepat dan tepat. 

Dengan kerjasama antara pemerintah daerah, aparat keamanan, dan masyarakat, diharapkan malam takbir Idul Fitri 1445 H/2024 M dapat berjalan dengan lancar dan aman bagi semua pihak.

Sementara itu, Kasubsipenmas Sihumas Polres Jepara Ipda Puji Sri Utami mengatakan, bahwa Polres Jepara dan Polsek jajaran akan all out mengamankan malam takbiran Idul Fitri 1445 H/2024 M.

“Kami jajaran Polres maupun Polsek akan all out mengamankan Idulfitri 1445 H, terutama ketika malam takbiran,” kata Ipda Puji.

Sesuai dengan Surat Edaran (SE) Bupati Jepara, tidak ada larangan kegiatan takbir keliling.

Namun diimbau agar kegiatan takbir keliling dilaksanakan di wilayah masing-masing.

“Masyarakat diimbau untuk melaksanakan takbir Idul Fitri di masjid dan musala secara khidmat,” ujarnya.

Meski begitu, tradisi takbir keliling atau lomba takbir tidak akan dilarang.

Takbiran keliling tetap diperbolehkan, namun terbatas di wilayah masing-masing.  

Pihaknya pun sudah melakukan imbauan ke masing-masing wilayah, untuk mengatur kegiatan takbir keliling dengan tidak keluar wilayah.

“Jadi tidak perlu keluar dari Kabupaten Jepara untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan, khususnya benturan antar kelompok,” ujarnya.

Ipda Puji juga meminta peserta takbir keliling tidak berlebihan dalam menggunakan pengeras suara.

“Volume sound system tidak boleh melebihi batas dan sudah bisa menghancurkan kaca rumah seperti pada peristiwa takbiran beberapa waktu lalu. Tentu hal ini sangat mengganggu,” terangnya.

Lebih lanjut secara tegas dikatakannya, bahwa pihak kepolisian melarang peserta takbir keliling membawa senjata tajam, minuman keras, petasan, obor api, kembang api dan barang lainnya yang dapat membahayakan keselamatan orang lain.

“Tahun lalu dibeberapa wilayah, petasan dan kembang api menjadi pemicu terjadinya gesekan antar kelompok, oleh sebab itu kami melarangnya secara tegas,” beber dia.

Selain itu, diimbau kepada warga masyarakat yang hendak melaksanakan kegiatan takbir keliling, agar memastikan rumah dalam keadaan aman.

“Pastikan saat meninggalkan rumah dalam keadaan aman. Jangan lupa mengunci pintu rumah dan jendela,” pungkasnya.

Khnza

Related Posts