Daerah

Pj. Bupati Tapteng Hadiri Rakor Kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2024 Di Wilayah Sumatera

MEDAN. KLIK7TV.CO.ID – Pj. Bupati Tapanuli Tengah Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH menghadiri Rapat Koordinasi Kesiapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024, di Wilayah Sumatera, yang dipusatkan di Regale Internasional Convention Centre Kota Medan, pada Selasa (09/07/2024).

Rapat Koordinasi yang dipimpin langsung oleh Menkopolhukam RI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, S.I.P juga dihadiri Mendagri RI Muhammad Tito Karnavian
Plt. Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin, S.Th.I, M.Si, Ketua Bawaslu RI Rahmad Bagja, SH,
LL, M, Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian, Asops Kapolri Irjen Pol Drs. Verdianto I Bitticaca, M.Hum, Pangkongabwilhan I Laksdya TNI Agus Hariadi, M.Han.

Menkopolhukam Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, S.I.P menyampaikan bahwa semua element harus bersinergi mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024 ini.
“Kita sepakat bahwa seluruh komponen bangsa dan negara perlu menjaga Stabilitas Politik, Hukum, dan HAM dalam pelaksanaan Pilkada ini.”

Lanjut Menkpolhumkam Saya ingin Penyelenggara pelaksanaan Pilkada diantaranya KPU, KPU selaku penyelenggara dan Pengawas dan Bawaslu, DKPP dan lembaga non-Bawaslu harus on the track pada tugas dan fungsi kewenangan. KPU juga harus bersikap Netral dan Berintegritas. Apalagi, Pilkada 2024 jadi sejarah. Sebab, pertama kali dilakukan Pilkada serentak di Indonesia.

Berikutnya adalah pemerintah Pusat dan Pemda berkewajiban memberikan dukungan dan memfasilitasi penyelenggaraannya. Dukungan fasilitas tersebut berupa terciptanya ketentraman dan ketertiban umum menjamin ketersediaan anggaran.

Menanggapi beberapa hal yang disampaikan oleh Menkopolhukam terkait kesiapan dalam melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2024, Pj. Bupati Tapanuli Tengah Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah sudah siap untuk mensukseskan Pilkada Serentak di Tahun 2024.

Bahwa Pemerintah Tapanuli Tengah siap mensukseskan Pilkada serentak ini, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah akan bersinergi dengan KPU, Bawaslu, TNI Polri dan Pihak lainnya agar pilkada ini berjalan dengan lancar dan Sukses. Karena saya yakin Pilkada ini berjalan sukses, seperti pada pelaksanaan Pemilu yang lalu juga terlaksana dengan sukses. Terkait dengan NPHD dengan pemberian Dana untuk Pilkada Kepada KPU, Bawaslu, TNI/Polri Pemkab Tapteng siap memfasilitasinya.

Pada kesempatan itu juga
Pj. Bupati Tapteng berpesan dan menghimbau kepada semuanya untuk bersikap Netral, terutama kepada ASN, Kepala Desa serta perangkat desa untuk bersikap netral, karena sudah ada instruksi Netralitas yang sudah saya sampaikan dulu dan masih berlaku hingga sekarang, “Makanya saya ajak ASN, Kades dan Perangkat Desa jangan ikut ikutan berpolitik, biarlah dipihak yang lain mengurusnya, ASN, Kades dan Perangkat Desa cukup melayani masyarakat dengan baik, bekerja Profesional dan Berintegritas.

Turut Hadir Gubernur Wilayah Sumatra , Pangdam dan Kapolda Wilayah Sumatera, Walikota/Bupati Wilayah Sumatera, Forkopimda Wilayah Sumatera, KPU dan Bawaslu Wilayah Sumatera, Perwakilan Parpol, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainnya. @(an)

Related Posts