Pendidikan

UPTD TIKP Disdik Provsu Bekali Guru dari Google for Education

MEDAN, KLIK7TV.CO.ID – UPTD Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (TIKP) bersama Google for Education melatih teknologi kepada perwakilan guru TIK di Sumatera Utara. 

Kepala UPTD Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (TIKP) Juwita Iranita Lumbangaol SPd, MM, Kamis (4/7/2024) menjelaskan, Google for Education ini telah mendapat kepercayaan dari Kemendikbudristek RI. 

“Dalam acara ini kita menghadirkan narasumber Kristiyanto dari Google. Peserta begitu antusias dan senang selama mengikuti pelatihan tersebut,” ucapnya.

Kata Juwita, kehadiran narasumber itu guna memotivasi bagaimana sekolah-sekolah itu dapat berbenah diri supaya menggunakan Transformasi Digital dalam dunia pembelajaran serta pemanfaatan penggunaan akun belajar.id dan pelatihan lainnya.

Lanjutnya, peserta kegiatan ini dari duta teknologi, Capten dan Co Capten, CGT, Perwakilan Guru TIK di Provinsi Sumatera Utara ini untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK se Provinsi Sumatera Utara.

Metode Google for Education, sekarang ini kondisinya guru TIK sudah mumpuni dan menguasai tentang Informatika. “Kita mau berbenah, meng-upgrade mereka supaya bisa jadi trader di sekolah masing-masing. 

Juwita menambahkan, tujuan pembekalan ini melalui Kurikulum Merdeka baik guru dan siswa harus meningkatkan mutu dengan pelatihan dan pembekalan. Apalagi Google akan memberikan beasiswa Trainer utk guru guru yang mau di latih oleh Google

“UPTD TIK Provsu berencana akan mengadakan forum grup diskusi di bulan Juli 2024 bersama 100 guru TIK se Sumatera Utara sebagai peserta kegiatan tersebut,” jelas Juwita.

Untuk diketahui, Google for Education for sumut untuk mendukung pembelajaran yang sederhana, aman, dan fleksibel serta membantu institusi berkolaborasi dengan mudah, mengefektifkan pengajaran, dan menjaga lingkungan belajar lebih aman dengan alat yang dirancang untuk siswa dan pengajar. 

Google telah memperkenalkan serangkaian inovasi yang dirancang untuk mendukung pendidik dan siswa dalam lingkungan pembelajaran yang semakin digital dan interaktif. 

Fitur-fitur baru ini dirancang untuk membantu guru dan siswa menghemat waktu, mendapatkan dukungan yang diperlukan, dan menyesuaikan diri dengan lingkungan belajar saat ini.

Secara keseluruhan, Google for Education terus berevolusi, menawarkan alat dan sumber daya yang mendukung pendidikan inklusif, berkelanjutan, dan aman, sembari memanfaatkan teknologi terkini untuk memperkaya kegiatan belajar mengajar baik di dalam maupun di luar kelas.

Reporter : Marlan Pasaribu

Related Posts