BEKASI, KLIK7TV.CO.ID – Pelayanan administrasi kendaraan di Kantor Samsat Kabupaten Bekasi mendapat sorotan negatif dari masyarakat. Pasalnya warga menilai layanan di Samsat lebih memperioritaskan calo ketimbang warga yang datang mengurus sendiri.
“Lebih cepat selesai pengurusanya dan didukung oleh petugas memberikan pelayanan.
Hal ini diungkapkan Wesly, salah satu warga insinial yang tingal di perumahan daerah Cikarang pada saat mengurus surat kendaraanya di Kantor Samsat, Jalan Raya Industri Nomor 14, Pasirgombong, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (12/12/2025).

Wesly menyampaikan pada saat dirinya memasukkan berkas sesuai nomor antrian, namun yang dipangil duluan di atas nomor antrianya.
“Saya bingung, kok nomor saya diloncati. Tapi saya sabar menunggu dan duduk kembali. Agak lama saya nunggu baru dipanggil nomor antrian saya, “ keluhnya.
Lebih jauh Wesly menyampaikan datang ke Samsat pada pagi hari pukul 08.00 WIB untuk bayar pajak kendaraan. Dia mengaku cukup rumit melewati berbagai tahapan, mulai dari pendaftaran, cek fisik, bayar fiskal, bayar bea mutasi, dan bayar pajak.
“Secara keseluruhan, pelayanan yang diberikan Samsat Kabupaten Bekasi, jauh dari kata sempurna. Tapi yang saya saksikan ada wajib pajak dibawa oleh calo dan sama-sama memasukkan berkas namun lebih cepat selesai alias diprioritaskan.
“Kami mendaftar berbarengan, sama-sama memasukkan berkas pengurusan. Malah calo yang lebih duluan selesai,“ ujarnya dengan nada kesal.
Sementara Kanit Samsat Kabupaten Bekasi, AKP Resi Ratuleni pada saat dikonfirmaasi terkait hal ini hingga berita ini diturunkan tidak berhasil ditemui. @red
