TNI AL

Resmi Dibuka, Satgas Latma Rimpac 2024 TNI AL Hadiri Pembukaan Di Hawaii

HAWAII,KLIK7TV.CO.ID – Prajurit TNI AL yang tergabung dalam Latihan Bersama (Latma) Multilateral Rim of Pacific (Rimpac) 2024 yaitu KRI REM -331 dan prajurit Marinir TNI AL menghadiri pembukaan Latihan Bersama Multilateral Rimpac 2024 yang dilaksanakan di Ford Island Conference Center, Pearl Harbor, Hawaii, Amerika Serikat, Kamis (28/06).

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Commander Combined Task Force VADM John Wade dan dihadiri oleh Komandan Satgas Rimpac 2024 yang juga sebagai Komandan KRI REM-331 Kolonel Laut (P) Adam Tjahja S serta Komandan Unit Marinir TNI AL yaitu Mayor Mar Lukman Susanto

Pada kesempatan tersebut VADM John Wade selaku pimpinan latihan menjelaskan bagaimana latihan angkatan laut terbesar dunia ini akan digelar. Mulai dari gambaran umum hingga inti latihan yang meliputi daerah operasi hingga serial latihan yang dilaksanakan.

Adapun serial latihan yang akan dilaksanakan pada saat Sea Phase di Samudera Pasifik meliputi NSFS Rodeo atau kompetisi bantuan tembakan ke darat, Raidex yakni Latihan Pertahanan Udara/Rudal, Casex atau Latihan Anti Kapal Selam, UNREP Pembekalan di laut, Latkamla VBSS (MSOEX), DCA atau Latihan Operasi Lawan Udara Defensif, Latihan tembakan permukaan (Gunex), Photoex dan Tahap Tactical dimana kekuatan gelar Rimpac akan menghadapi simulasi kekuatan lawan (OPFOR).

Lebih lanjut, untuk Marinir TNI AL akan melaksanakan berbagai serial latihan diantaranya Patroling tanpa perlindungan, Military Operation Urban Training (MOUT) atau pertempuran kota, Call For Fire yang merupakan permintaan bantuan tembakan, Air Assault Tactics yakni taktik serangan udara, Small Boat, Sniper Training, Jungle Survival, Chemical Biological Radiological and Nuclear, Tactical Combat Casualy Care atau perawatan medis, Small Unmanned Aerial System yakni latihan pengetahuan drone tempur dan yang terakhir adalah Underwater Egress Training atau latihan penyelamatan bawah air.

Selain itu Pasukan Khusus TNI AL dalam hal ini Komando Pasukan Katak (Kopaska) juga akan berpartisipasi pada ajang latihan tersebut.

Adapun KRI REM-331 saat ini tengah melaksanakan Harbor Phase yang diwarnai beberapa acara seperti National Reception, ajang kesenian serta mengikuti turnamen berbagai cabang olahraga sebelum melaksanakan Sea Phase 11 Juli mendatang.

Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan implementasi dari Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam mewujudkan Prajurit Jalasena Samudera yang tangguh dalam OMP, OMSP, serta mampu menjalankan peran diplomasi di kancah dunia.

Related Posts