TNI AL

PUSPENERBAL SEBAGAI KEPANJANGAN MATA KRI

JAKARTA,KLIK7TV.CO.ID – Pada hari ini, Kamis (27/6) Panglima Kolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(j) M.A., M.M.S didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kolinlamil Ny. Irna Krisno Utomo menghadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-68 Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, di Mako Puspenerbal Juanda, Jalan Raya Juanda, Sedati, Sidoarjo Jawa Timur.

Penerbangan Angkatan Laut merupakan komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang memegang peran krusial dalam pelaksanaan tugas-tugas TNI Angkatan Laut. Luasnya perairan Indonesia dan yurisdiksi nasional mutlak membutuhkan unsur udara sebagai “kepanjangan mata KRI” dalam melakukan berbagai operasi laut. Dengan kelebihannya pada aspek kecepatan, manuver dan jarak jangkau unsur udara mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasi secara signifikan.

Kepala Staf Angkatan Laut dalam sambutannya mengatakan bahwa peringatan ulang tahun penerbangan TNI Angkatan Laut tahun ini mengangkat tema “Puspenerbal Mendukung Pembangunan Pertahanan TNI Angkatan Laut Yang Kuat Untuk Indonesia Maju”, karena selaras dengan semangat pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut yang sedang kita gelorakan, “sepanjang 68 tahun pengabdiannya, Penerbangan TNI Angkatan Laut telah mencatatkan pencapaian yang membanggakan. Fly Navy selalu hadir dan berperan aktif pada Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Hal itu terbukti dengan pelibatannya dalam Operasi Trikora, Operasi Dwikora, Operasi Seroja, Operasi pembebasan sandera di Somalia dan Filipina, operasi perdamaian dunia yang tergabung dalam Maritime Task Force (MTF) Unifil, Operasi Kemanusiaan dan Sar, serta operasi-operasi lainnya” ucap Kasal dalam amanatnya.

Pada upacara HUT ke-68 Puspenerbal ini ditampilkan demonstrasi dan aksi-aksi dari prajurit yakni berupa defile pasukan, demo udara dan penampilan tarian tradisional. (Dispen Kolinlamil)

Related Posts