TNI AL

PANGLIMA KOLINLAMIL DAMPINGI KASAL LEPAS PEMUDIK

JAKARTA,KLIK7TV.CO.ID – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali melepas secara resmi mudik gratis bersama bagi prajurit TNI AL dan masyarakat tahun 2024 yang akan pulang ke kampung halaman dengan jalur laut maupun jalur darat bertempat di Dermaga Mako Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (5/4). Sebagai tuan rumah, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(j) M.A., M.M.S., CHRMP turut melepas peserta mudik yang juga dihadiri Para Pejabat Utama Mabesal, Para Pimpinan Kotama TNI Angkatan Laut, Baznas, Mitra Bank serta Para Pejabat Utama Kolinlamil.

Kasal dalam sebuah kesempatan mengatakan bahwa pelaksanaan mudik bersama yang diselenggarakan oleh TNI AL merupakan salah satu bentuk perhatian, kepedulian dari pimpinan TNI AL dalam rangka memfasilitasi masyarakat umum dan keluarga besar TNI AL agar dapat bersilaturahmi dengan sanak keluarga di kampung halaman. “Program mudik bersama ini juga diharapkan dapat mengurangi beban ekonomi, kemacetan dan risiko kecelakaan bagi masyarakat umum serta prajurit TNI AL yang akan melaksanakan mudik lebaran” ungkap Kasal seusai mengecek kesiapan armada bis dan KRI.

Pelaksanaan mudik gratis tahun ini dilaksanakan dalam dua jalur perjalanan yakni jalur laut dan darat. Untuk jalur laut menggunakan kapal perang KRI Banda Aceh-593 (KRI BAC 593) yang diperuntukkan bagi masyarakat umum khususnya bagi pengguna kendaraan roda dua, dengan total pemudik yang telah mendaftar sebanyak 1019 orang dan kendaraan sebanyak 273 unit, dengan rincian rute yakni, Jakarta – Semarang sebanyak 593 orang dan kendaraan sebanyak 180 unit. Sedangkan rute Jakarta – Surabaya sebanyak 426 orang dan kendaraan sebanyak 93 unit. Dan untuk pelaksanaan arus balik akan berlangsung pada 13 April 2024 dengan rute Surabaya – Semarang 13 April 2024, Semarang – Jakarta 14 April 2024 dan direncanakan tiba di Jakarta 15 April 2024.

Sementara itu pelaksanaan mudik dengan jalur darat melibatkan sebanyak 120 bus terdiri dari 55 bus dengan jumlah penumpang lebih kurang 2.473 orang akan diberangkatkan dari Mabesal, Pushidrosal sebanyak 8 bus dengan jumlah penumpang 332 orang, Koarmada RI yang terdiri dari Lantamal III dan Satlak Armada I sebanyak 10 bus dengan jumlah penumpang 457 orang, Kolinlamil sebanyak 10 bus dengan jumlah penumpang 461 orang, Kormar sebanyak 30 bus dengan jumlah penumpang 2.136 orang, dan Seskoal sebanyak 7 bus dengan jumlah penumpang 294 orang. Dengan rute dibagi menjadi beberapa jalur diantaranya, Jalur Utara 1 : Jakarta-Gresik; b. Jalur Utara 2 : Jakarta-Lamongan; c. Jalur Tengah 1: Jakarta-Jombang; d. Jalur Tengah 2: Jakarta-Surabaya; e. Jalur Selatan : Jakarta-Yogyakarta.

Sebelum melepas pemudik Kasal kembali menyampaikan bahwa program mudik gratis merupakan upaya untuk membantu pemerintah. Khususnya untuk mengurangi kepadatan pada saat puncak arus mudik sehingga kegiatan mudik lebaran tahun 2024 dapat berjalan lancar dan aman. (Dispen Kolinlamil)

Related Posts