TNI AL

Pangkoarmada RI Dampingi Kasal Lepas Mudik Gratis dengan KRI Banda Aceh-593

JAKARTA,KLIK7TV.CO.ID – Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Dr. Denih Hendrata, S.E., M.M., CHRMP., mendampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., melepas ribuan pemudik sepeda motor yang mudik menggunakan KRI Banda Aceh-593 dari Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Jumat (5/04).

TNI Angkatan Laut dalam rangka mendukung himbauan pemerintah agar kegiatan mudik lebaran tahun 2024 dapat berjalan lancar dan aman, serta dapat mengurangi kepadatan pada saat puncak arus mudik, menyediakan mudik gratis melalui jalur laut dan jalur darat. Jalur laut menggunakan satu Kapal Perang, yaitu KRI BAC-593, sementara jalur darat menggunakan ratusan bus. Pemberangkatan mudik bersama melalui jalur darat dan laut ini dilaksanakan secara serentak dari Kolinlamil, Jakarta Utara dan diikuti oleh seluruh kotama/satker wilayah Jakarta.

Pelaksanaan mudik bersama yang diselenggarakan oleh TNI AL merupakan salah satu bentuk perhatian, kepedulian dari pimpinan TNI AL dalam rangka memfasilitasi masyarakat umum dan keluarga besar TNI AL agar dapat bersilaturahmi dengan sanak keluarga di kampung halaman. Program mudik bersama ini juga diharapkan dapat mengurangi beban ekonomi, kemacetan dan risiko kecelakaan bagi masyarakat umum serta prajurit TNI AL yang akan melaksanakan mudik lebaran.

Pada mudik jalur darat telah disiapkan sebanyak 120 Bus, dimana TNI AL bekerja sama dengan mitra Bank meliputi, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Woori Saudara, Bank Jawa Barat (BJB), Bank Artha Graha dan Kementerian Perhubungan. Rincian sebanyak 120 bus tersebut terdiri dari 55 bus dengan jumlah penumpang lebih kurang 2.473 orang yang akan diberangkatkan dari Mabesal, Pushidrosal sebanyak 8 bus dengan jumlah penumpang 332 orang, Koarmada RI yang terdiri dari Lantamal III dan Satlak Armada I sebanyak 10 bus dengan jumlah penumpang 457 orang, Kolinlamil sebanyak 10 bus dengan jumlah penumpang 461 orang, Kormar sebanyak 30 bus dengan jumlah penumpang 2.136 orang, dan Seskoal sebanyak 7 bus dengan jumlah penumpang 294 orang.

Adapun rute tujuan Mudik Lebaran jalur darat terbagi dalam 3 jalur yaitu Jalur Utara, Tengah dan Selatan. Untuk jalur Utara Jakarta-Gresik dan Jakarta-Lamongan. Jalur Tengah terdiri Jakarta-Jombang dan Jalur Tengah Jakarta-Surabaya, serta Jalur Selatan yakni Jakarta-Yogyakarta. Sementara itu, jalur laut dengan menggunakan KRI BAC-593 diperuntukkan bagi masyarakat umum khususnya bagi pengguna kendaraan roda dua/sepeda motor. Total pemudik yang telah mendaftar sebanyak 1.019 orang dan kendaraan sebanyak 273 unit, dengan rincian rute Jakarta – Semarang sebanyak 593 orang dan kendaraan sebanyak 180 unit. Sedangkan rute Jakarta – Surabaya sebanyak 426 orang dan kendaraan sebanyak 93 unit. Sedangkan rute dan jadwal keberangkatan arus mudik dan arus balik KRI BAC-593 adalah sebagai berikut: Arus mudik Jakarta-Semarang 5 April 2024 pukul 10.00 WIB, Semarang – Surabaya 6 April 2023 pukul 16.00 WIB, Tiba di Surabaya 7 April 2024 pukul 15.00 WIB. Sementara Arus Balik Surabaya – Semarang 13 April 2024 pukul 11.00 WIB, Semarang – Jakarta 14 April 2024 pukul 12.00 WIB, Tiba di Jakarta 15 April 2024 pukul 14.00 WIB.

Related Posts