Headnews

Inovasi PLTA di Distrik Mapenduma, Ciptakan Sumber Listrik Berkelanjutan

JAKARTA, KLIK7TV.CO.ID – Prajurit 432 Kostrad berhasil membuat inovasi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Distrik Mapenduma, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Ide ini tercetus dari Prajurit terbaik Yonif 432 Kostrad, Letda Cke Dimas Aji Satria dan Praka Etla S Bancin, yang masing-masing memiliki kemampuan sebagai ahli Elektro dan Pertukangan. Senin (01/07/2024).

Praka Etla S Bancin mengungkapkan, jika kami dalam membuat proyek inovasi tersebut menggunakan beberapa bahan dan perangkat sederhana seperti kayu, paku dan pipa paralon sebagai konstruksi kincir air tersebut.

Letda Cke Dimas Aji Satria menegaskan, “Untuk perangkat kelistrikan, kami menambahkan beberapa perangkat yang mudah didapatkan di pasar berupa Generator BLDC, Aku, Inverter, Kabel, dan MPPT yang kami kombinasikan dengan konstruksi yang dibuat oleh Praka Bancin sehingga terciptalah PLTA ini,” tegasnya.

Dengan inovasi dari prajurit yang membuat PLTA ini, pos semakin mendapatkan daya listrik untuk menghidupi kehidupan sehari-hari yang dahulu hanya mengandalkan panel surya yang terkadang memiliki kendala dengan kontur medan dan cuaca di Mapenduma yang selalu berkabut sehingga daya tidak maksimal. Sekarang, listrik dapat menyala 24 jam.

Harapannya, inovasi dan keberhasilan ini dapat berguna bagi banyak orang dan berkelanjutan ataupun dapat ditiru oleh prajurit lain sehingga pada akhirnya PLTA ini dapat berguna untuk masyarakat luas. @Red

Related Posts