Komitmen Berikan Peningkatan Kualitas Pelayanan, Kantor BPN Jakarta Utara Hadirkan Terobosan Baru

Jakarta – Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Utara terus menerus berinovasi dalam memudahkan pelayanan masyarakat. Hal ini ditandai dengan kembali dilaksanakannya langkah progresif dengan menghadirkan terobosan baru.

Upaya ini tak lepas dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Hal ini merupakan bagian dari komitmen BPN untuk membangun pelayanan publik yang cepat, transparan, dan akuntabel.

Kepala Kantor BPN Jakarta Utara, Sontang Coin Manurung menyampaikan pihaknya terus berupaya menjawab kebutuhan masyarakat terhadap layanan pertanahan yang efisien dan bebas dari pungli. 

“Kami ingin masyarakat merasa mudah, aman, dan nyaman saat mengurus dokumen pertanahan. Dengan sistem pelayanan digital dan pendampingan langsung oleh petugas kami, proses kini lebih singkat dan transparan,” tegasnya dalam keterangan kepada media, Rabu (9/7/2025).

Beberapa terobosan yang diluncurkan meliputi, Layanan Loket Cepat (Fast Track Service) untuk pengurusan sertifikat tanah. Kemudian Sistem Antrian Online dan Pemantauan Proses secara Real-Time, sehingga masyarakat bisa mengakses perkembangan berkas dari rumah.

Kemudian Kantor BPN juga menyediakan Pojok Konsultasi Gratis bagi masyarakat yang membutuhkan bimbingan hukum pertanahan. Menurut Sontang, langkah ini mendapat apresiasi dari warga Jakarta Utara yang merasakan langsung dampaknya. 

Dia berharap, dengan terobosan-terobosan ini, kepercayaan publik terhadap institusi pertanahan semakin meningkat, sekaligus mendorong tertib administrasi agraria di wilayah Jakarta Utara. 

Terobosan yang dilakukan BPN Jakarta Utara mendapat apresiasi dari masyarakat. Saat ditemui di sela kesibukannya mengurus oemberkasan, Siti warga Kelapa Gading mengaku puas dengan pelayanan Kantor BPN Jakarta Utara. 

“Dulu urus sertifikat bisa berbulan-bulan, sekarang saya hanya perlu waktu kurang dari dua minggu dalam mengurus BN (Balik Nama-red), HT (HAK TANGUNAN-red) dan HM (HAK MILIK-red). Petugasnya juga sangat membantu dan informatif,” ujarnya sembari tersenyum sumringah. 

Pos serupa