TNI AL

Sigap Dan Cepat, Marinir TNI AL Dan USMC Latihan Evakuasi Medis Udara

JAKARTA, KLIK7TV.CO.ID – Dalam rangka Latihan Bersama (Latma) Platoon Exchange (PLATEX) 2024 antara Korps Marinir TNI AL, dengan United States Marine Corps (USMC)/I Marine Expeditionary Force (MEF), prajurit Marinir kedua negara melaksanakan latihan Evakuasi Medis Udara menggunakan Helly Panter AS 565 MBE di Pusat Latihan Pertempuran (PLP) Marinir 5 Baluran, Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur. Rabu (10/07).

Latihan evakuasi medis udara tersebut diawali dengan pemberian materi pertolongan pertama pada korban tembak pada saat di medan pertempuran oleh dokter dari USMC Chief Aaron.

Pertolongan pertama yang dilakukan mulai dari pemberhentian perdarahan, pemeriksaan fisik korban, penanganan terhadap luka dan pelaksanaan evakuasi korban menggunakan unsur udara Helikopter.

Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir Letkol Marinir Roni Saputra, M.Tr.Opsla, selaku Komandan Satgas Latma Platex 2024 menyampaikan bahwa, latihan tersebut selain untuk menjaga dan meningkatkan hubungan diplomatik antara kedua negara yang selama ini terjalin, juga untuk meningkatkan kemampuan prajurit dalam menjaga dan menyelamatkan pasukan di medan pertempuran.

“Laksanakan latihan penuh dengan semangat, serap semua ilmu maupun pengetahuan yang diberikan dengan tetap mengutamakan keselamatan personel dan material,” tegas Dansatgas Latma Platex 2024.

Dalam sejumlah kesempatan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menegaskan, demi mewujudkan TNI AL yang profesional, modern dan tangguh, latihan bersama sangat berguna untuk membangun kekuatan yang memiliki kesiagaan dan kesiapan tinggi.

“Selain untuk meningkatkan, profesionalisme, pengetahuan dan pengalaman prajurit TNI AL, latihan bersama juga untuk menjalin hubungan diplomasi dan kerjasama militer dengan negara-negara sahabat”. Tegas Kasal.@Red

Related Posts