POLRI

Polres Jepara Gelar ‘Senin Beramal’, Ini Tujuannya

JEPARA, KLIK7TV.CO.ID – Polres Jepara | Sudah menjadi kegiatan rutin usai melaksanakan apel jam pimpinan setiap hari Senin, Personel Polres Jepara dengan sukarela menyisihkan sedikit rezeki dengan mengisi kotak amal yang telah disiapkan dihalaman Mapolres Jepara, Senin (8/7/2024) pagi.         

Kegiatan yang sudah menjadi agenda rutin Polres Jepara ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat maupun anggota yang membutuhkan uluran tangan sesama.

Aksi ini dilakukan dengan cara setiap personel peserta apel pagi dengan sukarela menyisihkan sedikit reskinya yang seikhlasnya di kotak amal yang sudah disiapkan.

Kegiatan ini merupakan program Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan untuk membantu anggota hingga masyarakat yang membutuhkan sebagai wujud kepedulian terhadap sesama yang betul-betul membutuhkan uluran tangan sesama.

Saat ditemui disela-sela kegiatan, Kasubbagwatpres Bag SDM Polres Jepara AKP M. Teguh Pujadi mengatakan, bahwa sedekah ini merupakan program dari Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan yaitu melaksanakan ‘Senin Beramal’.

“Uang yang terkumpul tersebut nantinya akan diperuntukan kepada anggota Polri yang mengalami musibah, seperti sakit, membutuhkan biaya berobat, atau ada keluarganya yang meninggal dunia, sebagai bentuk kepedulian, selain itu uang tersebut juga di gunakan untuk membantu masyarakat yang terkena musibah,” ujar AKP Teguh mewakili Kapolres Jepara.

Lebih lanjut lagi, Kasubbagwatpres Bag SDM Polres Jepara, program ini akan terus dilaksanakan, disamping untuk melatih anggota berjiwa sosial tinggi juga untuk memperoleh amal sebagai bekal di akhirat nanti. Disamping itu pula, kegiatan Senin beramal ini dilakukan untuk memupuk sifat rendah hati dan saling tolong antar sesama.

“Jadi jangan sungkan untuk menyampaikan kepada kami, karena akan kami bantu dan memberikan semangat kembali dalam menghadapi musibah yang tanpa kita tahu kapan akan terjadi. Semoga apa yang kita kumpulkan ini bisa bermanfaat dan bernilai ibadah,” imbuhnya. 

Sementara itu, Kasi Humas Polres Jepara Iptu Rusiyanto mengatakan menyampaikan, bahwa dengan kegiatan ‘Senin Beramal’ walaupun hanya sedikit dari harta kita dapat membuat kita bahagia karena akan memberikan kepuasan dalam diri.

Dengan beramal, kita dapat membantu orang lain yang lebih membutuhkan. Ini yang ingin ditanamkan oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan kepada anggotanya, disamping menjalankan tugas dengan baik dan disiplin, juga tidak melupakan kodrat sebagai manusia yang harus peduli dan berempati dengan sesama.

“Senin beramal ini bertujuan untuk memupuk rasa kemanusiaan dan rasa empati anggota Polres Jepara  sehingga dapat memberi bantuan kepada masyarakat maupun anggota Polri yang sekiranya membutuhkan bantuan,” ujarnya.

Dana yang terkumpul dari kegiatan ‘Senin Beramal’ tersebut kemudian digunakan untuk beberapa kegiatan amal seperti ada anggota yang sakit, keluarga yang meninggal dunia maupun kegiatan bakti sosial kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Dana yang terkumpul tersebut dipergunakan untuk membantu masyarakat yang lebih membutuhkan dan tidak terkecuali anggota Polri yang sedang terkena musibah. Karena hakikatnya manusia kan saling mengasihi dan tolong menolong,” jelas Iptu Rusiyanto.

Kasi Humas berharap ini akan menjadi kebiasaan yang baik bagi anggota, untuk senantiasa beramal entah itu berupa harta, ilmu pengetahuan atau apapun yang dimiliki kepada orang lain. Selain mendatangkan manfaat untuk orang lain kebiasaan baik tersebut juga akan menjadi bekal kelak di akhirat.

Tampak kotak amal infaq dan sodaqoh tersebut disodorkan secara berkeliling kepada peserta apel anggota Satuan Fungsi Polres Jepara hingga barisan pejabat utama dan Kapolsek Jajaran Polres Jepara.

Khnza

Related Posts