POLRI

Polda Jateng dirikan Pos Sinergitas, wujud sinergi mewujudkan mudik ceria mudik penuh makna

JATENG,KLIK7TV.CO.ID – Kondisi fisik yang prima sangat dibutuhkan bagi para pemudik yang menempuh perjalanan jauh ke kampung halaman. Untuk menjaga kebugaran para pemudik, Polda Jateng menyediakan layanan kesehatan gratis di setiap posko Sinergitas yang tersebar di sepanjang jalur mudik baik tol maupun jalur arteri.

“Kita sediakan 72 Pos Sinergitas atau Pos Terpadu di tol maupun arteri yang dilengkapi fasilitas pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat terutama pemudik selama 1×24 jam. Mulai tanggal 4-16 April 2024,” ujar Kabidhumas Polda Jateng Satake Bayu di Mapolda Jateng pada Sabtu, (6/4/2024) pagi.

Pelayanan kesehatan tersebut diberikan melalui kerjasama Tim Dokkes Kepolisian dan Dinas Kesehatan kabupaten / kota setempat. Adapun pelayanan kesehatan yang diberikan berupa pengecekan tekanan darah serta memberi obat dan suplemen secara gratis bagi pemudik yang sakit ataupun mengalami kelelahan selama perjalanan.

Selain tenaga kesehatan, lanjut Kabidhumas, personil dari Pos Sinergitas tersebut terdiri dari gabungan TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, dan Pramuka.

” Pos Sinergitas tersebut membawahi beberapa pos Strong point dan Personilnya bisa digeser ke titik manapun yang membutuhkan kehadiran Polri,” terang Kabidhumas.

Sementara itu di Pos Sinergitas Gandulan, Kab. Pemalang, sejumlah pemudik nampak beristirahat dan memanfaatkan layanan fasilitas pengecekan kesehatan yang disediakan petugas. Salah satunya Iwan, pemudik yang menumpang bus dari Cilegon. Dirinya beristirahat di Pos Sinergitas Gandulan sebelum melanjutkan perjalanan naik bus ke Purbalingga.

“Saya istirahat dulu di sini karena ngantuk, pak. Tadi di cek tensi masih normal, disarankan istirahat dulu disini sebelum lanjut ke Purbalingga,” tuturnya.

Dalam keterangan nya Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika mengatakan, pelayanan kesehatan serupa juga dibuka di setiap pos pelayanan dan pos pengamanan di seluruh Kab. Pemalang.

“Pengemudi yang merasa lelah dan sakit dapat beristirahat sejenak, untuk memeriksakan kondisi kesehatannya, sehingga dapat melanjutkan perjalanan dalam keadaan sehat,” pungkas AKBP Yovan.

Khnza

Related Posts