POLRI

Lewat Program ‘City Tour’, Peserta Bhayangkara Kartini Run Bakal Di Ajak Keliling Jepara, Ini Daftarnya

JEPARA, KLIK7TV.CO.ID – Polres Jepara | Untuk pertama kalinya event Bhayangkara Kartini Run siap digelar pada 14 Juli 2024, dengan target peserta yang jauh lebih besar dibandingkan target kuota peserta.

Acara yang diinisiasi oleh Polres Jepara itu merupakan bagian dari rangkaian peringatan ke 78 Hari Bhayangkara, dan diharapkan mampu mendongkrak sektor pariwisata dan ekonomi lokal di Kabupaten Jepara.

Proses pendaftarannya pun telah ditutup. Sejauh ini, dari target sekitar seribu peserta, pendaftarnya lebih dari itu.

Untuk memeriahkan kegiatan itu, nantinya para peserta juga akan diajak city tour di sejumlah objek bersejarah di Kabupaten Jepara.

Di antaranya Museum RA Kartini, Pendapa RA Kartini Jepara, dan kompleks Makam Mantingan.

Kegiatan city tour sendiri akan digelar pada hari Sabtu tanggal 13 Juli 2024 dengan titik kumpul di Hotel Jepara Indah.

Dimana akan dibagi menjadi 3 kloter yakni kloter pertama dari pukul 08.00 WIB – 10.00 WIB, kloter kedua dari pukul 10.00 WIB – 12.00 WIB dan kloter ketiga dari pukul 13.00 WIB – 15.00 WIB.

Saat dikonfirmasi, Kasi Humas sekaligus Ketua Sie Publikasi Bhayangkara Kartini Run 2024 Iptu Rusiyanto mengatakan, ”Jumlah pesertanya mencapai 1.452 orang, cukup luar biasa,” ujarnya, Kamis (11/7/2024).

Jumlah tersebut terdiri dari kategori 10K sebanyak 230 peserta dan 5K dengan jumlah pendaftar 1222 orang. Diantaranya terdapat sejumlah peserta dari kelompok difabel.

Dari informasi yang didapat, dari seluruh peserta Bhayangkara Kartini Run sebagian besar juga telah mendaftarkan diri untuk mengikuti city tour tersebut.

“Harapan kami dapat mengenalkan obyek wisata sejarah kepada peserta. Sebab belum tentu mereka pernah mengunjungi tempat-tempat bersejarah ini,” ucap Iptu Rusiyanto.

“Apalagi dari peserta tersebut ada yang dari Kudus (9,7%), Pati (3,1 %), Semarang (4,9 %) dan Demak (3,0 %),” ungkapnya.

“Dari city tour ini diharapkan mereka mendapatkan sedikit informasi tentang R.A. Kartini dan Ratu Kalinyamat yang telah ditetapkan menjadi pahlawan kemerdekaan bangsa Indonesia. Tujuannya untuk menumbuhkan kebanggakan dan sekaligus bersedia mewarisi semangat juang para pahawan serta menghidupkan gagasan-gagasannya,” terangnya.

Sementara itu, terkait dengan persiapan Bhayangkara Kartini Run 2024, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengucapkan terima kasih atas animo masyarakat yang relatif tinggi dan juga dukungan semua pihak dalam event Bhayangkara Kartini Run 2024.

“Kami ucapkan terima kasih atas animo masyarakat yang relatif tinggi dan juga dukungan semua pihak dalam even Bhayangkara Kartini Run 2024,” ujarnya.

Abituren Akpol 2003 ini juga menambahkan, bahwa event Bhayangkara Kartini Run 2024 ini diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-78.

“Harapannya melalui kegiatan ini bukan hanya menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya olahraga, tetapi juga membangun kebersamaan diantara peserta utamanya dalam mendukung terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat,” pungkasnya.

Diketahui, dalam Bhayangkara Kartini Run ini, para peserta terbagi dalam 4 kategori umum. Yakni 5 kilometer (K) Putra, 5 kilometer (K) Putri, 10 kilometer (K) Putra, dan 10 kilometer (K) Putri.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78.

Selain itu, Bhayangkara Kartini Run 2024 diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Kabupaten Jepara, melalui sektor wisata, penginapan, kuliner, dan lain sebagainya.

Hal itu senada dengan arahan Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi dan Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan agar melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Jepara.

Sebab, sebagai upaya menarik minat peserta, saat ini telah disediakan berbagai hadiah menarik.

Dengan total hadiah sebesar Rp. 22 juta juga hadiah doorprize sebesar Rp. 50 juta.

Khnza

Related Posts