Daerah

Cucu Op. Tonjong, Hasmar Bancin, SE, MAB. Gerakkan Persaudaraan Keturunan Bancin di Kecamatan Tarabintang

HUMBAHAS, KLIK7TV.COID – Hasmar Bancin, SE, MAB selaku inisiator penggerak dilaksanakan pesta adat tertinggi di adat Batak merasa persaudaraan harus tetap terjaga dengan baik. Menurutnya, persatuan dalam satu keluarga besar merupakan salah satu bentuk penghormatan bagi orang tua atau leluhur yang harus tetap dijaga dengan baik.

Dengan prinsip itulah sehingga keluarga Bancin yang merupakan salah satu marga yang di kenal dalam suku Batak kembali mengenang leluhur sebagai bentuk penghormatan dengan bersama-sama dalam satu atap untuk saling menguatkan bahwa mereka adalah satu keluarga besar yang tidak dapat dipisahkan.

Hal ini terlihat saat pesta adat yang dilaksanakan di Desa Mungkur Kecamatan Tarabintang pada Sabtu, 29 Juni 2024 dimulai pukul 08.00 sd 17.00 Wib yang dinamai acara Pesta Pineppar Op. Tonjong Bancin. Acara pesta ini dalam istilah budaya batak panakkokkon Saring-saring dari dari Anak Op. Tonjong / Boru Meka di meriahkan artis ibu kota Nabasa Trio dari Medan dan Sohya Trio dari Pakpak Bharat.

Turut hadir dalam acara pesta panakkon saring-saring anak Op. Tonjong dihadiri oleh Hula Hula Meka-Mungkur (11 kerajaan adat Meka Mungkur Kecamatan Tarabintang) dan Berasa, Camat Kecamatan Tarabintang dan jajaran, Kepala Desa Mungkur dan jajaran, Kepala Desa Tarabintang dan jajaran, serta berbagai kalangan masyarakat baik dari kaum pendidik dan tokoh masyarakat yang berasal dari kecamatan Tarabintang.

Hiburan dari artis ibu kota sangat meriah karena dihadiri dari berbagai wilayah lain dan acara pesta berjalan baik dan lancar sesuai tradisi adat- istiadat setempat.

Yang paling berkesan dalam acara pesta adat tersebut karena doa dan dukungan penuh oleh para pemangku adat atau raja kuta dari sebelas kerajaan di tanah Meka-Mukur Kecamatan Tarabintang.

Hasmar Bancin, SE, MAB sebagai inisiator pesta adat saat ditemui dalam acara pesta keturunan keluarga Op. Tonjong oleh kliktv7.co.id mengungkapkan bahwa acara pesta adat ini merupakan tradisi bagi kita suku batak, dalam acara ini semua keturunan Op. Tonjong yang merupakan leluhur kita bisa bertemu dan bersilaturahmi untuk saling mengenal sesama pineppar op. Tonjong sehingga kita bisa saling menguatkan,” ungkap Hasmar.

Saya berharap dengan acara ini semoga pineppar op. tonjong lebih maju lagi untuk kedepannya, karena kita ingin semua keturunan Op. Tonjong baik yang hadir saat ini atau yang tidak bisa hadir seperti kiranya semakin maju lagi,” paparnya Hasmar selaku putra Papatar ini.

Hasmar Bancin berpesan agar Tambak Op. Tonjong yang ada di Lae Maga dan Desa Mungkur ini merupakan prasasti bagi keturunan atau generasi Op.
Tonjong sebagai simbol perekat serta harmonisasi untuk seluruh keturunan Op. Tonjong sendiri. Karena kami ada saat ini karena mereka (Op. Tonjong)” terangnya.( L.N )

Related Posts