Tim Evaluator Inspektorat Jenderal Kemendagri Apresiasi Kinerja Dan Rekomendasikan PerpanjanganPj. Bupati Tapanuli Tengah.

JAKARTA. KLIK7TV.CO.ID – Pj.Bupati Tapanuli Tengah Dr.Sugeng Riyanta,SH,MH mengikuti rangkaian Evaluasi Kinerja Triwulan IV Penjabat Kepala Daerah yang dilaksanakan oleh Itjend Kemendagri di lantai 8 Gedung Itjend Kemendagri Jakarta, Kamis (31/10/ 2024).

Tim evaluasi dari Itjend Kemendagri memberikan apresiasi terhadap upaya Pj.Bupati Tapteng Dr.Sugeng Riyanta, SH,MH dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab nya pada Triwulan IV masa penugasan, karena telah banyak melakukan perubahan dan keberhasilan dalam bidang Pemerintahan, Pembangunan dan kemasyarakatan dan merekomendasikan perpanjangan masa jabatan Pj.Bupati Tapanuli Tengah.

Beberapa masukan dari Tim Evaluator yang mendapatkan “apresiasi khusus” antara lain :

  1. Pengendalian Inflasi yang stabil dibawah rata-rata nasional yaitu pada angka -0,61%. Hal ini disebabkan karena solid nya TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) dalam mengendalikan arus Inflasi Di Kabupaten Tapanuli Tengah diantaranya melakukan pemantauan harga barang dan Stock, melaksankan sidak pasar, melaksanakan gerakan Pangan Murah dan yang tidak kalah pentingnya Melakukan Penyaluran dan pengawasan diatribusi pupuk sehingga tidak terjadi kelangkaan pupuk dimasyarkat dan harga pun sesuai dengan harga yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.
  2. Keberhasilan penanganan kemiskinan Ekstrim Melalui program Tapteng “MEMBARA”, yaitu membangun rumah Rakyat. Program ini dilakukan semula dengan dana dari sumbangan pihak ketiga (non APBD) sebesar Rp.2.992.399.276 (dua milyar Sembilan ratus Sembilan puluh dua juta tiga ratus Sembilan puluh Sembilan ribu dua ratus rupiah) dan telah membangun sebanyak 119 unit Rumah Layak Huni dari target 700 rumah bagi Masyarakat Tapanuli Tengah atau 27 %. Dan pada P APBD TA 2024 dianggarkan Rp.1.000.000.000 untuk pembangunan Rumah Layak Huni untuk 27 rumah sehingga target keseluruhan 727 Rumah Layak Huni dengan total anggaran Sumbangan Pihak ketiaga dan P APBD Rp 3.992.399.276. (tiga milyar Sembilan ratus Sembilan puluh dua juta tiga ratus Sembilan puluh Sembilan ribu dua ratus rupiah).
  3. Penanganaan Stunting
    Keberhasilan signifikan dalam menekan prevalensi stunting di kabupaten Tapanuli Tengah per September 2024 yaitu 163 balita stunting (0,8%). Angka tersebut jauh lebih kecil jika dibandingkan bulan Februari 2024 yaitu 215 Balita stunting (1,14%) ,bulan Juni Prevalensi stunting 181 balita stunting (0,34%), bulan agustus 170 balita (0,8) , jadi menurut Sitem Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis masyarakat (E-PPGBM) jumlah balita Stunting semakin sedikit yaitu 163 orang. Menurut Survei Kesehatan Indonesia (SKI) prevalensi Stunting di kabupaten Tapanuli Tengah 23,8 % tahun 2023, hal ini mengalami kemajuan jika dibandingkan tahun 2022 yaitu 30,5 % atau penurunan prevalensi Stunting 6,7 % , dan target Prevalensi Stunting Tahun 2024 di Kabupaten Tapanuli Tengah adalah 14.%.
  4. Pencapaian UHC dan Penghargaan UHC dari Wakil Presiden. Pada tanggal 01 Agustus 2024 Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah memperoleh Penghargaan UHC (Universal Coverage Health) atas keberhasilannya melindungi Kesehatan Masyarakat Tapanuli Tengah dengan pencapaian target UHC 96,98 % yaitu dari jumlah penduduk 367.491 jiwa dengan capaian peserta JKN 356.405 jiwa per September 2024
  5. Mampu mengendalikan stabulitas Politik selama tahapan Pilkada. Tahapan Pilkada Tapanuli Tengah telah memasuki tahapan kampanye dan sampai saat ini situasi politik di Kabupaten Tapanuli tengah masih aman dan terkendali sekalipun suhu politik sedikit memanas. Kerjasama dengan Forkopimda kab.Tapanuli Tengah terus ditingkatkan untuk menjaga stabilitas keamanan selama tahapan Pilkada .
  6. Ketegasan dan konsistensi dalam menjaga netralitas ASN
    Dalam menjaga Netralitas ASN dalam Pilkada Tapanuli tengah Tahun 2024 Pemerintah kabupaten tapanuli tengah telah mengeluarkan :
  7. Surat Instruksi Bupati Tapanuli Tengah Nomor : 800.1.6/3090/
    2023 tanggal 17 November 2023 tentang Netralitas ASN, Kepala Desa dan Perangkat Desa di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dalam Pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024.
  8. Instruksi Bupati Tapanuli Tengah Nomor 800.1.6.2/3616/2024 tanggal 23 September 2024 tentang Netralitas Aparatur Sipil Negara, Kepala Desa dan Perangkat Desa di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dalam Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024.
  9. Instruksi Bupati Tapanuli Tengah Nomor 800.1.6.2/3676.1/2024 tanggal 30 September 2024 tentang Netralitas Aparatur Sipil Negara, Kepala Desa dan Perangkat Desa di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dalam Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Pada Masa Kampanye Tahun 2024.
    Dan telah melakukan penjatuhan hukuman disipilin kepada kepala Desa, ASN yang tidak netral dalam proses tahapan Pilkada Tapanuli Tengah.

Dalam pemaparannya ,Pj.Bupati Tapanuli Tengah, Dr.Sugeng Riyanta,SH, MH menyampaikan laporan 5 (lima) aspek dari 10 (sepuluh) aspek prioritas penilaian yaitu aspek, Inflasi, stunting, Kemiskinan Ekstrem, Tingkat Pengangguran terbuka (TPT) dan Penyerapan Anggaran Pemkab.Tapanuli Tengah.

Dalam evaluasi tersebut disampaikan beberapa catatan yang menjadi perhatian untuk perbaikan kedepannya. Tim Evaluator menyarankan agar Pj.Bupati Tapteng terus bersemangat melaksanakan tugas untuk melakukan pembenahan dan peningkatan kinerja kedepannya. Beberapa catatan tersebut yaitu :

  1. Inspektur IV Muhammad Dimiyati, S.Sos ,MTP menyampaikan apresiasi kepada Pj.Bupati Tapteng Dr.Sugeng Riyanta,SH,MH, laporan Triwulan IV sudah semakin baik, namun Retribusi daerah masih rendah sehingga OPD Pengampu harus diodorong untuk mencapai target, kebijakan yang sudah diterbitkan oleh Bupati atas kartu Kredit Pemerintah Daerah disampaikan ke Kemndagri bina Keuda Kemendagri dan pembayaran iuran BPJS agar diselesaikan tepat waktu.
  2. Bachtiar Sinaga, SE, MM, CRGP, CGCAE ,PPUPD Ahli Utama Inspektorat Jenderal menyampaikan bahwa serapan anggaran masih rendah, per Oktober 2024 baru diangka pada penyerapan Anggaran per 11 Oktober 2024 masih rendah yaitu yaitu Rp.731.001.075.291, dari Total belanja daerah 1.258.291.328.256 atau 57,29 %. Dimana angka ini masih jauh dibawah target nasional untuk triwulan IV yaitu 95 % untuk itu harus dibuat kebijakan untuk mendorong percepatan penyerapan anggaran maupun realisasi pendapatan.
  3. Rolekson Simatupang (PPUD Ahli Utama Itjen Kemendagri ) menyarankan disamping langkah konkrit yang telah dilakukan dalam menjaga netralitas ASN selama Tahapan PILKADA , juga harus dibuat langkah-langkah atau program kedepan dalam menjaga netralitas ASN tersebut sampai menjelang tanggal 27 November 2024.
  4. Tumonggi Siregar, SH, Auditor Ahli Utama, menyampaikan agar membuat laporan kinerja BUMD terutama BUMD Mual Nauli, apakah kinerja BUMD tersebut harus bisa melayani masyarakat 24 jam. Sehingga harus dibuat laporan kinerjanya.
  5. Drs.Aswan M.Si (PPUD Ahli Muda Itjen Kemendagri) ,melaporkan semua kegiatan unggulan terutama inovasi selama masa jabatan PJ Bupati. Pengelolaan persampahan disajikan dalam bentuk Sistem pengeloaan awal (hulu) dan hilir serfta dibuat progress pelaksanaan nya.

Pj.Bupati tapteng Dr.Sugeng Riyanta,SH,MH menyambut baik hasil evaluasi tersebut dan akan terus berupaya untuk melakukan perbaikan atas masukan dan saran dari Tim Evaluator, sehingga kedepannya dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Tapanuli Tengah. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Tim Evaluasi atas segala arahan dan masukan yang diberikan selama proses evaluasi.

Turut mendampingi Pj Bupati Tapanuli Tengah diantaranya
Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Tapanuli Tengah Erman Syahrin Lubis, S.Sos, M.AP, Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Tapanuli Tengah , Drs. Hikmal Batubara, Asisten Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah Tapanuli Tengah Dra Nurjalilah, Kepala BPKPAD Basyri Nasution, SP, Inspektur Musmuslyadi S.Sos, MAP, Kabag Tapem Despi Erwanto Jambak AP, MM, Plt.Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Sondang Malau, SKM, Kadis Perkim Winner Napitupulu, ST, MM, Kadis PUPR Johannes Hanzen Saruksuk, ST ,MT, Kadis Pendidikan Boy Rahman Hasibuan, SIP, MAP, Kadis Lingkungan Hidup Erniwati Batubara,SE, MM, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) Jonnedy Marbun, S.Pd, Plt.Direktur RSUD Pandan, Dr. Fadli Syahputra, Sp.A, Kepala Bappeda Anton Sujarwo, SSTP, MM, Plt. Kadis Kesehatan dr. Pebrianto Manalu, M.K.M. @(an)

Exit mobile version