TNI AL

WUJUDKAN KERJA SAMA ANTAR NEGARA, TNI GELAR LATGABMA SUPER GARUDA SHIELD 2023

JAKARTA,KLIK7TV.CO.ID – Sebagai wujud kerja sama multilateral yang kuat guna menjaga kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono bersama Commanding General I Corps US Army Lieutenant General Xavier T. Brunson secara langsung membuka Latihan Gabungan Bersama Super Garuda Shield (Latgabma SGS) tahun 2023 yang berlangsung di lapangan Pusat Latihan Pertempuran (Puslatpur) 5 Marinir Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (31/8). Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Pejabat Utama Mabes TNI dan sejumlah Pangkotama dari 3 matra TNI diantaranya adalah Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H.

Super Garuda Shield tahun 2023 merupakan Latihan Gabungan Bersama tahunan antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM) yang juga melibatkan negara-negara satu kawasan. Latihan bersama SGS tahun ini akan berlangsung selama 14 hari, dimulai pada 31 Agustus hingga 13 September 2023 dengan mengerahkan ribuan prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) maupun tentara asing dari negara sahabat yang ada di kawasan Indo-Pasifik di antaranya Indonesia, Amerika Serikat (US), Australia, Jepang, Singapura, Inggris, dan negara pengamat dari Inggris, Singapura, Jepang, Australia, Selandia Baru, Kanada, Papua Nugini, Brunei Darussalam, Perancis, Jerman, Filipina, Korea Selatan, dan Timor Leste.

Panglima TNI dalam sambutannya menyampaikan bahwa Latgabma SGS 2023 ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama bilateral antar militer dan hubungan militer yang positif, mengembangkan dan meningkatkan kemampuan untuk melaksanakan fungsi gabungan, prosedur staf memanfaatkan kemampuan kodal dari fungsi gabungan yaitu Mabes Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Koopssus TNI. Latihan ini memberikan dampak positif dalam peningkatan interoperability TNI dan US Indopacom dalam hal kapasitas untuk merencanakan operasi gabungan bersama.

Materi Latgabma SGS tahun 2023 terdiri dari Staff Exercise (materi mengenai prosedur pengambilan keputusan kepemimpinan dan perintah operasi), Special Operation Force (materi mengenai aktivitas Military Free Fall Infiltrasi dan Air Assalut yang dilaksanakan oleh Indonesia, US, Jepang dan Australia). Berbagai alutsista akan diterjunkan dalam Super Garuda Shield tahun 2023 ini, diantaranya adalah Himars, Astros, RM 70 Vampire, Meriam 105/M119/Kh178/Lg1, Apache, F-16, Leopard/Abram, Javeline/Instalansa/C90, Mortir 60, Mortir 81, Machine Gun, Ss2V4, Rantis Atav, F – 16, C-130 Hercules, LPD/LST, Tank, Ranpur Lvt – 7, HOW 105, MLRS, Grader, Oplager, Bell 412, Arv. (Dispen Kolinlamil)

Related Posts