TNI AD

Wujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, Satgas Yonarmed 10 Kostrad bersama Masyarakat Tanam Padi

JAKARTA,KLIK7TV.CO.ID – Dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat dan menghormati Adat istiadat desa binaannya personel Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonarmed 10/ Bradjamusti Pos Seriang membantu warga sekitar menanam padi ( Nugal ) yang bertempat di Ladang masyarakat desa Seriang, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Selasa (05/9/2023).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI – Malaysia Yonarmed 10 Kostrad Mayor Arm Ady Kurniawan, M.Han. dalam rilis tertulisnya di Makotis Badau.

“Sebagai bentuk kebersamaan dan juga kepedulian Satgas terhadap ketahanan pangan masyarakat di perbatasan kita membantu warga dalam hal bercocok tanam, salah satunya adalah menanan padi yang disebut dengan ‘Nugal’ yang dilaksanakan di lahan perkebunan milik warga di Desa Seriang,” ujar Dansatgas.

Nugal merupakan tradisi turun temurun suku Dayak tersebut, dilakukan setelah beberapa hari lahan telah selesai dibersihkan dengan cara dibakar. Abu dari hasil pembakaran tersebut tidak dibuang, melainkan dijadikan sebagai pupuk alami yang dipercaya untuk menyuburkan dan menjaga keseimbangan keasaman tanah.

Sementara itu Danpos Seriang Serka Azis menjelaskan bahwa masyarakat adat di Desa Seriang masih mempertahankan cara menanam padi disebut nugal sebagai warisan turun temurun dari leluhur.

“Kebersamaan dan semangat gotong royong yang terjalin pada saat menugal padi itu seperti roh tersendiri bagi masyarakat adat,” tambah Danpos Seriang (Penkostrad)

Related Posts