Ekonomi

Tumbuhkan Wirausaha Baru, Kemnaker Bekali TKS Pendamping TKM Pemula

Jakarta, KLIK7TV.CO.ID – Dalam upaya menumbuhkan wirausaha baru dengan sasaran kelompok masyarakat, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memiliki program kewirausahaan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Pemula.

Staf Khusus (Stafsus) Menteri Ketenagakerjaan, Titik Masudah mengatakan, penciptaan wirausaha baru melalui kegiatan TKM Pemula, juga didukung dengan adanya pendampingan usaha yang dilakukan oleh Tenaga Kerja Sukarela (TKS) Pendamping TKM Pemula.

“Pembekalan TKS ini merupakan forum komunikasi dan koordinasi guna mendukung pendamping TKM Pemula secara optimal,” terang Stafsus Menaker Titik Masudah, ketika memberikan arahan pada acara Pembekalan Tenaga Kerja Sukarela (TKS) Pendamping Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Pemula Tahun 2023, di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin Malam (21/8/2023).

Titik Masudah mengutarakan, sebagai pendamping TKM Pemula, TKS memiliki tugas penting sebagai motivator yang akan memotivasi TKM Pemula dalam mengembangkan kegiatan usaha.

Selain itu lanjutnya, para TKS juga menjadi fasilitator yang akan memfasilitasi TKM Pemula dalam memperluas jejaring kemitraan, akses permodalan dan akses pemasaran.

“Saya menginginkan semua TKS untuk mengoptimalkan perannya sebagai fasilitator guna membantu TKM Pemula dalam menyusun laporan pertanggung jawaban bantuan usaha yang telah diterima,” ujar Titik.

Sementara itu, Direktur Bina Perluasan Kesempatan Kerja, Ditjen Binapenta dan PKK, Kemnaker, Iwan Darmawan menambahkan, pembekalan TKS Pendamping TKM Pemula merupakan tahapan penting dalam pemberdayaan TKS.

“Melalui kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas TKS dalam melaksanakan tugas sebagai Pendamping TKM Pemula,” harap Iwan. (ARMAN R)

Related Posts