POLRI

Trabas Kamtibmas Polres Jepara, jadi Ajang Cooling System Jelang Pemilu 2024 Sekaligus Promosi Wisata

JEPARA, KLIK7TV.CO.ID – Ribuan offroader motor trail mengikuti ajang Trabas Kamtibmas yang dihelat Polres Jepara di Wana Wisata Sreni Indah, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara, Minggu (15/10/2023).

Ditandai dengan pengibaran bendera start, ribuan peserta diberangkatkan oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan beserta jajaran Forkopimda Jepara dan Pejabat Utama Polres Jepara serta tamu undangan lainnya.

Saat ditemui usai kegiatan, Kapolres Jepara mengatakan, bahwa Trabas Kamtibmas ini digelar sebagai bentuk community policing atau pemolisian komunitas untuk mendekatkan Polri dengan masyarakat, serta pemerintah daerah maupun stake holder lainnya.

Pasalnya, selain berolahraga trail juga ada kegiatan bakti sosial berupa penanaman sebanyak 200 pohon di seputaran Wana Wisata Sreni Indah, pemberian 200 paket sembako dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Terima kasih kepada semua pihak yang sudah berkontribusi dan bersinergi, termasuk ke depan dalam menjaga keamanan di Kabupaten Jepara,” sambung AKBP Wahyu.

Pada kesempatan itu, Abituren Akpol 2003 menyampaikan imbauan kepada warga tentang Karhutla dan ajakan untuk menciptakan pemilu 2024 yang aman dan damai.

“Dalam kegiatan Trabas Kamtibmas ini, kami juga memberikan imbauan kepada warga untuk waspadai Karhutla dan bersama-sama mengajak untuk menjaga kamtibmas guna menciptakan situasi yang aman menuju pemilu 2024 yang damai,” ungkap Kapolres.

Selain itu, AKBP Wahyu meminta agar warga masyarakat juga bersama-sama menciptakan dan menjaga ketertiban, kerukunan, keamanan serta ketertiban masyarakat (Kamtibmas) khususnya di wilayah hukum Polres Jepara.

“Apabila terjadi gangguan kamtibmas di lapangan, kami berharap agar segera melapor ke kepolisian setempat. Apalagi saat ini, Polres Jepara telah meluncurkan hotline call center 110 atau saluran siaga melalui nomor WhatsApp dengan julukan Siraju atau Polisi Jepara Juara untuk melayani permintaan informasi kepolisian atau aduan permasalahan melalui pesan Chatbot Siraju pada aplikasi WhatsApp di nomor 08112894040 yang aktif 24 jam,” tutupnya.

Sementara itu, Petinggi Desa Betegede Bambang Eko Susilo menyampaikan, apresiasinya kepada Polres Jepara yang telah menyelenggarakan kegiatan Trabas Kamtibmas ini.

Dia berharap ajang ini dapat memberikan tambahan semangat dalam mempromosikan potensi-potensi wisata yang ada di Kabupaten Jepara terutama Kecamatan Nalumsari.

“Alhamdulillah kegiatan ini diselenggarakan di Kecamatan Nalumsari tepatnya di Wana Wisata Sreni Indah. Ini merupakan salah satu daya tarik wisata yang sedang kita kembangkan. Harapannya, melalui promosi-promosi wisata inilah, nantinya Wana Wisata Sreni Indah mampu menjadi salah satu daya tarik pariwisata yang ada di Jawa Tengah,” kata dia.

Petinggi Desa Betegede menambahkan, kegiatan ini merupakan wujud nyata dari upaya berbagai pihak dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Selanjutnya, Suyuti salah satu pecinta motor trail sekaligus peserta trabas kamtibmas ini siap digerakkan kapanpun dibutuhkan Pemerintah maupun Polres Jepara jika ke depan harus bergabung dalam hal evakuasi bencana alam.

Bersama komunitas motor trailnya, ia bisa menjangkau pedalaman sehingga akan sangat membantu jika evakuasi bencana jika terjadi.

Di tempat yang sama, ibu Sumiyarti salah satu warga penerima bansos mengaku sangat senang atas pemberian paket sembako dari Polres Jepara.

”Saya mengucapkan terima kasih kepada Polres Jepara yang telah memberikan bantuan sembako dalam acara trabas kamtibmas. Tentunya ini sangat bermanfaat buat saya dan keluarga,” jelasnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan trabas ini digelar berbagai kegiatan lain, di antaranya Posko UMKM, penanaman pohon, pemeriksaan kesehatan gratis dan bakti sosial kepada warga yang membutuhkan serta diakhiri pengundian hadiah dengan di iringi musik New Levy’s Star.

(Khanza Haryati)

Related Posts