TNI AL

TNI AL Berhasil Gagalkan Pencurian Batubara dari Kapal Tongkang di Cilacap

JAKARTA, KLIK7TV.CO.ID – Pangkalan TNI AL (Lanal) Cilacap  berhasil menggagalkan upaya pencurian batu bara di atas Kapal Tongkang (TB) AZAMARA 5, di Dermaga Wijayapura, Cilacap, pada Kamis (07/09) malam. Adapun hasil dari operasi ini, tim dari Lanal Cilacap berhasil mengamankan 39 buah karung berisikan Batu Bara dengan total berat mencapai 2 Ton. Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Cilacap Kolonel Laut (P) Bambang Subeno dalam pers release yang digelar di Dermaga Sleko, Cilacap, Sabtu (09/09).

“Lanal Cilacap berkomitmen untuk selalu siap mengamankan alur pelayaran diwilayah kerjanya khususnya di Kabupaten Cilacap, tegas Danlanal. Terlebih, untuk mengamankan wilayah pelabuhan yang juga menjadi gerbang perekonomian bagi Kabupaten Cilacap.

Sementara itu Kanit Satu Pidum Satreskrim Polresta Cilacap – IPDA Andy Purwanto mengatakan bahwa petugas sejauh ini telah mengantongi nama – nama pelaku. Sehingga pelaku diminta untuk dapat kooperatif dengan menyerahkan diri, yakni sebelum nantinya  dilakukan penangkapan oleh petugas.

Peristiwa tersebut berawal pada Kamis malam, sekira pukul 19.15 WIB personel TNI AL yang berjaga Objek Vital Nasional (Obvitnas) di Dermaga Wijayapura melaksanakan patroli dengan mengelilingi tongkang Azamara 5 yang melaksanakan bongkar muat batubara.

Pada saat mengelilingi tongkang di bagian belakang ditemukan adanya beberapa orang yang sedang melakukan aktifitas pencurian batubara di atas tongkang dengan cara di buang ke perahu di sebelahnya. Melihat peristiwa tersebut, personel TNI AL langsung melaksankaan mengejaran dan pelaku langsung melarikan diri.

Upaya pencurian tidak berhenti begitu saja, sekira pukul 01.30 WIB dini hari para pelaku dengan menggunakan perahu kembali mencoba merapat ke tongkang untuk melakukan pencurian batubara dan pada saat mereka melakukan aksinya, tim patroli merapat untuk menghentikan kegiatannya. Namun para pelaku yang berjumlah kurang lebih 6 orang berusaha kabur meninggalkan lokasi, akan tetapi personel TNI AL berhasil mengamankan satu orang pelaku  SR, saat dilaksanakan pengejaran.

Dari penangkapan ini, Lanal Cilacap juga berhasil mengamankan barang bukti diantaranya satu unit perahu  berukuran 5 – 6 GT yang berisi batubara , mesin tempel, puluhan karung berisi batubara dan skop.

Pada tempat terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menekankan kepada seluruh jajaran TNI AL selalu merespon cepat dan senantiasa meningkatkan kewaspadaan yang tinggi terhadap berbagai situasi yang mungkin terjadi, serta bersinergi dengan instansi terkait dan stakeholder terkait guna menindak tegas pelanggaran hukum yang terjadi khususnya di wilayah perairan.@Red

Related Posts