TNI AL

Tetap Sebagai Prajurit Jalasena, Para Purnawirawan TNI AL Peringati Detik-Detik Proklamasi dari Atas KRI

JAKARTA, KLIK7TV.CO.ID – 17 Agustus 2023 – Ketua Umum Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., memimpin Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Ke-78 RI tahun 2023 dan bertepatan dengan HUT Ke-37 PPAL, Kamis (17/8/2023). Upacara dilaksanakan di geladak KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 yang berlayar di perairan Teluk Jakarta, dan dihadiri oleh para Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) dari masa ke masa.

Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus bertepatan dengan hari lahir PPAL dan pada tahun ini, peringatan Hari Jadi PPAL mengusung tema “Dengan Semangat Persatuan dan Kesatuan, Kita Wujudkan Kesejahteraan Purnawirawan TNI Angkatan Laut”.

PPAL yang lahir pada tanggal 17 Agustus 1986, pada awalnya bernama Badan Kontak Purnawirawan Angkatan Laut (BKPAL). Selama 37 tahun, PPAL sesuai misi dan visinya telah berusaha membantu meningkatkan kesejahteraan para purnawirawan TNI Angkatan Laut yang saat ini jumlahnya sebanyak 57.000 orang.

Dalam sambutannya Ketua Umum PPAL mengatakan bahwa purnawirawan TNI Angkatan Laut sejatinya tetaplah prajurit jalasena yang melanjutkan pengabdiannya di tengah-tengah masyarakat. Oleh sebab itu, keberadaan PPAL sama sekali tidak dapat dipisahkan dan dilepaskan dari TNI Angkatan Laut. Terlebih lagi, para purnawirawan adalah pengukir sejarah TNI Angkatan Laut dari waktu ke waktu yang membentuk, membangun, dan membesarkan TNI Angkatan Laut hingga menjadi seperti sekarang ini.

Sementara itu, Ketua Dewan Pertimbangan PPAL Laksamana TNI (Purn) Tanto Kuswanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa kiprah PPAL harus lebih “down to earth” atau “membumi” dengan fokus kepada upaya-upaya langsung dan nyata, untuk membantu kesejahteraan anggota PPAL dimanapun berada. Purnawirawan adalah warga masyarakat berusia senior, yang harus menunjukan sikap dan perilaku yang lebih dewasa ditengah-tengah warga masyarakat.

Sebagai organisasi yang merupakan bagian dari keluarga besar TNI AL, hingga hari ini PPAL berusaha mewujudkan diri sebagai “Rumah Gagasan”, “Rumah Solusi”, dan “Rumah Bersama”, dengan memberikan dukungan, bantuan dan solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi para Purnawirawan Angkatan Laut, sehingga dirasakan keberadaan.

Untuk mewujudkan kesejahteraan Purnawirawan Angkatan Laut, PPAL PPAL yang memiliki 14 wilayah dan 157 rayon telah mendirikan Lembaga Amil, Donasi, Zakat, Infaq, dan Sodaqoh (LADZIS). Sejak didirikan tahun 2016, LADZIS telah menyalurkan bantuan sosial, kesehatan, santunan untuk anak-anak yatim piatu, dan zakat kepada para Purnawirawan Angkatan Laut di seluruh Tanah Air.

Pada tahun 2023, LADZIS telah menyalurkan zakat untuk 466 orang, bantuan sosial untuk 1103 orang, bantuan kesehatan untuk 446 orang, dan santunan untuk anak-anak yatim piatu sebanyak 196 orang, dengan jumlah keseluruhannya sebanyak 2.213 orang. Bertepatan dengan momentum HUT PPAL Ke-37 ini, LADZIS juga akan memberikan bantuan alat kesehatan berupa 56 kursi roda, 30 tongkat serta bansos dan bankes kepada 1113 Purnawirawan yang membutuhkan.

Selama 37 tahun, BKPAL yang kemudian berubah menjadi PPAL dipimpin oleh Laksda TNI Purn H Kandiawan Affandi, Laksamana TNI Purn Achmad Soetjipto, Laksdya TNI Purn Djoko Sumaryono, Laksamana TNI Purn Dr. Ade Supandi, S.E., M.A.P., dan sejak Desember 2021 hingga sekarang Ketua Umum PPAL adalah Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.

“PPAL memiliki motto Adhi Dharma Purnawira yang artinya Persembahan Berharga dari Purnawirawan Angkatan Laut. Dalam setiap masa memiliki tantangan yang tidak persis sama, namun nilai-nilai dan prinsip-prinsip perjuangan serta pengabdian tidak akan berubah”, tandas Laksamana TNI (Purn) Siwi Sukma Adji, Ketua Umum PPAL.@Red

Related Posts