Pendidikan

SMKN 1 Dukung Percepatan BLUD 

MEDAN, KLIK7,CO.ID -Guna mendukung SMK Bermartabat di Sumatera Utara, Dinas Pendidikan Sumatera Utara sedang melakukan percepatan pembentukan Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) SMK Negeri Sumatera Utara.

Hal ini dikatakan Kepala SMK Negeri 1 Medan May Gloria Sabrina Meliala SPd, MM pada apel pagi dihadapan guru, siswa sekaligus pemberian hadiah kepada pemenang lomba memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 78 di sekolahnya Jalan Sindoro Medan, Senin (21/8/2023).

May Sabrina menyampaikan harapan Kepala Dinas Pendidikan Provsu Dr H Asren Nasution MA pada Rapat Kordinasi (Rakor) BLUD di Dolok Sanggul 18-19 Agustus 2023 yang dihadiri Kepala SMAN/SMKN se Sumut, Inspektorat Provsu, BPKAD, Biro Ekonomi, Biro Hukum dan narasumber dari Kemendagri serta instansi terkait lainnya. 

Rakor tersebut melahirkan 5 KAN untuk lingkup SMK yakni, 1. Apa yang dibutuhkan, itu yang kita diajarkan, 2. Apa yang diajarkan, itu yang kita dilatihkan. 3. Apa yang dilatihkan, itu yang kita dipraktekkan. 4. Apa yang dipraktekkan, itu yang kita dihasilkan. 5. Apa yang dihasilkan, itu yang kita dipasarkan. 

Untuk itu diperlukan regulasi BLUD. Beberapa provinsi sudah lama mengimplementasikan seperti Aceh, Riau, NTB, DKI Jakarta dan sebagainya. Sehingga pembelajaran BLUD ini bisa menjadikan siswa betah di sekolah dan bahagia dirumah. 

Lanjut May, BLUD bisa menjawab apa produk-produk SMK yang belum bisa dipasarkan. Sirkulasi barang dan jasa tidak bisa berkembang karena sebatas praktek. “Teaching factory mandek, hubungan dengan DUDI hanya sebatas kemitraan,” katanya. 

Melalui BLUD produk SMK bisa dipasarkan sesuai kompetensi keahlian yang dimililki SMK. Sebab ada 17 Pusat Keunggulan (PK) di Sumut, sehingga inovasi barang dan jasa bisa terus dikembangkan. 

“SMK tidak sebatas masuk dan pulang, SMK dijadikan sekolah yang memiliki masa depan yang memberikan kontribusi kepada UMKM. Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Sumatera Utara berharap agar SMK menjadi kunci kemajuan negara,” jelasnya. 

Dalam rangka percepatan pembentukan BLUD SMK, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara telah melakukan berbagai langkah-langkah konkrit dan pekan depan akan melakukan rapat koordinasi bersama OPD terkait dan Kemendagri. (mp/sbm)

Related Posts