Pendidikan

SMAN 20 Medan Gelar ANBK 2023

JAKARTA,KLIK7TV.CO.ID – Sebanyak 45 siswa mewakili SMA Negeri 20 Medan mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang digelar serentak jenjang SMAN/SMKN se Sumatera Utara mulai 28 sampai 30 Agustus 2023 berlangsung lancar. 

Kepala SMAN 20 Medan Nurainun Sibuea,SP,d,MPd kepada wartawan, Rabu (30/8/2023) menjelaskan, untuk sekolah negeri ditetapkan oleh pemerintah siswa yang mewakili itu hanya 45 orang saja. 

Sebelum melaksanakan ANBK, sudah melakukan persiapan dan membuat sosialisasi kepada orang tua melalui siswa-siswanya.  Setelah sosialisasikan baru kita terbitkan kepanitiannya sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Setelah kita sosialisasikan lagi bagi peserta didik kita berjumlah 160 orang di kelas XI hanya 45 orang yang diambil namanya dan itu bukan kita memilih siswanya dari pemerintah datang langsung jadi nggak bisa kita ganti-ganti. Kita berikan pelatihan setelah dua minggu berikutnya dilakukan asesmen,” ujarnya. 

Lanjut Nurainun, kegiatan asesmen di SMAN 20 berlangsung dua hari penuh. Sesuai pelaksanaannya prosedur yang kita lakukan memerintahkan semua nama dan foto siswa itu ditempelkan di pintu itu masuk di kelas yang gunanya supaya kalau datang petugas monitoring mengetahuinya,” tambahnya. 

Selama ANBK tambahnya, tidak boleh sembarangan masuk ke dalam ruangan asesmen hanya proktor teknisi dan pengawas yang bisa masuk kedalam untuk tidak mengganggu peserta didik. Syukurlah, ANBK selama asesmen berlangsung peserta ujian mengikuti tata tertib yang berlaku,” paparnya. 

Dia menambahkan, ANBK ini menekan pada kemampuan peserta didik meliputi numerasi dan literasi, membaca dan berpikir mungkin ada kelemahan siswa. Untuk itu pedoman yang dilakukan adalah memilih siswa yang termiskin dan terkaya diambil, yang terpintar dan terbodoh diambil, terdekat dan terjauh rumahnya dari sekolah diambil mewakili peserta asesmen. Ini hasil rata-rata nantinya yang menjadi penilaian asesmen sekolah ini. 

“Hasil ANBK kita ketahui enam bulan kedepan. Setelah datang hasilnya barulah kita introspeksi diri apa yang harus diperbaiki untuk evaluasi. Jadi tahun lalu, asesmen SMAN 20 baik hasilnya dan catatan dari Kemendikbudristek untuk terus meningkatkan mutu tamatan. 

Ia menambahkan, ANBK merupakan pemetaan bagi sekolah.Misalnya sebanyak 12 orang lulus SNBP, lulus SNBT 30 orang, ujarnya. (mp/sbm)

Related Posts