TNI AL

SESKOAL LAKSANAKAN PENGOBATAN DI ATAS KERETA API

JAKARTA,KLIK7TV.CO.ID – Bertempat di Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang-Banten, Dirjianstraop Seskoal, Kolonel laut (P) Jales Jamca Jayamahe, CTMP., yang mewakili Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr.Han., M.Tr.Opsla.,CHRMP., meninjau pelaksanaan kegiatan bakti kesehatan yang dilaksanakan oleh Satkes Seskoal yang bekerjasama dengan PT. KAI dan unsur kesehatan lainnya, Selasa (05/09/23).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Satkes Seskoal ini adalah dalam rangka menyambut Hari Kesehatan TNI AL yang jatuh pada tanggal 9 Oktober 2023. Dalam pelaksanaannya Satkes Seskoal berkolaborasi dengan PT KAI Daop1, sejumlah Dokter obgyn dari Fakultas Kedokteran Yarsi, Laboratorium klinik Pasutri Tebet, Akademi Refraksi Optisi Leprindo Jaksel dan Mahasiswa IPB Bogor yang tengah melaksanakan PKL di Daop I Jakarta. “Pelaksanaan bakti kesehatan ini tidak seperti biasanya, dilakukan diatas kereta api. Namun fasilitas yang tersedia cukup baik dan lengkap. Dan TNI AL dalam hal ini Satkes Seskoal akan selalu hadir untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan kesehatan”, demikian disampaikan Kolonel Jales.
Dalam bakti kesehatan tersebut, kegiatan yang dilaksanakan meliputi bidang promotiv dan preventif. Dibidang promotif, kegiatan yang dilaksanakan adalah ceramah kesehatan tentang pentingnya menjaga kesehatan mata sebagai dampak dari gadget, ceramah kesehatan tentang kesehatan gigi dilanjutkan dengan pelatihan singkat cara menyikat gigi dan setelah itu dilanjutkan dengan ceramah tentang keselamatan di lintasan Kereta.
Untuk dibidang preventif, tim kesehatan gabungan melaksanakan pengasapan (fogging) di wilayah RW 02 Desa Daru dan pembagian hand hanitizer kepada 217 kepala keluarga. Sedangkan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di Kereta Klinik meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan dan pengobatan gigi, pelayanan visus dan spesialisasi dibidang kandungan.

Kegiatan yang mengambil tempat di Stasiun Daru Jl.Sarwani Kec. Jambe, Kabupaten Tangerang-Banten ini cukup mendapat perhatian dari masyarakat, terbukti dengan lebih dari 200 orang yang mengunjungi tempat dilaksanakannnya bakti kesehatan ini. Disela-sela kegiatan, dilakukan juga pengenalan kereta perpustakaan atau reel library bagi seluruh pengunjung. Dalam kesempatan tersebut Deputy I Daop 1 Jakarta, Ali Afandi berharap bahwa kerjasama ini dapat terus terjalin, sehingga masyarakat semakin sehat dan mampu melaksanakan pola hidup sehat seperti yang disampaikan pada saat ceramah oleh tim kesehatan yang bertugas.

Related Posts