Pendidikan

Rapat Kordinasi Percepatan BLUD SMK DI Sumut Mendorong Kemajuan Pendidikan

MEDAN, KLIK7TV.CO.ID – Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah , Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara menggelar rapat koordinasi yang membahas percepatan pembentukan Badan Layanan Umum Daerah ( BLUD) untuk sekolah menengah kejuruan ( SMK) di Hotel Ayola pada tanggal 18-19 Agustus 2023.

Rapat koordinasi yang dihadiri oleh berbagai pihak terkait, seperti Inspektorat, Badan Keuangan Aset Daerah, Bappelitbang, Biro Hukum, Biro Ekonomi, Biro Organisasi, Biro Otda, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah dan perwakilan sekolah-sekolah SMK bertujuan untuk membahas langkah langkah konkret dan percepatan dalam pembentukan BLUD SMK Negeri di Sumatera Utara.

Langkah ini diharapkan dapat memberikan fleksibilitas dalam mengelola keuangan dan sumber daya pendidikan serta meningkatkan pemberian layanan kepada siswa.

Dr. Asren Nasution MA, Kepala Dinas Pendidikan Provsu dalam sambutan nya menenangkankan bahwa adanya BLUD sesuai Permendagri Nomor 61 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan, sekolah akan memiliki otonomi yang lebih besar dalam mengatur anggaran dan kebijakan sekaligus mempercepat proses pengambilan keputusan yang mendukung peningkatan mutu pendidikan di SMK.

Sementara itu, Drs. Makmur Marbun, M, Si, Direktur Produk Hukum Kemendagri menyampaikan BLUD SMK di Sumatera Utara. Sementara itu, Muhajirin, SH, MH, pengelola BLUD SMKN 5 Kota Surabaya mengatakan BLUD untuk SMK itu wajib. Karena akan menyelamatkan pengelola SMK dana menguntungkan pemerintah daerah. Dalam Penjelasannya Muhajirin menyampaikan siap memberikan pendampingan bagi SMK di Sumatera Utara.
Salah satu issu utama yang dibahas dalam rapat adalah percepatan pembentukan BLUD SMK dengan pemenuhan persyaratan- persyaratan yang ada dan keuntungan BLUD SMK yang diberikan keleluasaan dalam pengelolaan keuangan/anggaran namun tetap menjunjung tinggi prinsip Transparan, Akuntabel, Reliable, dan Independen. Ditengah tantangan anggaran dan sumber daya yang terbatas. Ratna , perwakilan dari BKAD menyampaikan hadirnya BLUD SMK menjadi penting dengan harapan SMK mampu membuat rencana strategis dalam mengalokasikan dana untuk kepentingan pendidikan. Sementara itu, Riswan mewakili Inspektorat Provsu menegaskan bahwa BLUD SMK juga harus disertai dengan peningkatan kompetensi sumber daya alam pengelolaannya.

Rapat koordinasi ini juga menjadi sarana bagi sekolah-sekolah SMK untuk saling berbagi pengalaman dan pembelajaran terkait pembentukan BLUD. Diskusi yang produktif ini diharapkan dapat mempercepat proses transformasi, sehingga manfaat dapat dirasakan oleh semua pihak yang terlibat, terutama siswa dan tenaga pendidik.

BLUD SMK memberikan keuntungan lebih (1) peluang alumni SMK menjadi tenaga profesional, (2) Dunia Usaha Dunia Industri memperoleh pekerja terampil sesuai dengan keahlian/kompetensi, (3) Meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat, dan (4) melalui BLUD SMK akan memberikan peluang penambahan pendapatan anggaran daerah Sumatera Utara.

Dengan semangat kolaborasi dan komitmen yang kuat dari semua pihak terlibat percepatan pembentukan BLUD SMK di Sumatera Utara diharapkan akan membawa dampak positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan menciptakan generasi muda yang kompeten dan berdaya saing ( mp/sbm)

Related Posts