TNI AL

Prajurit Lanal Sibolga Laksanakan Upacara HUT TNI AL Ke-78 Tahun 2023

SIBOLGA,KLIK7TV.CO.ID – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sibolga laksanakan Upacara HUT TNI AL Ke-78 Tahun 2023, di Lapangan Trisila Mako Lanal Sibolga, bertindak sebagai Inspektur Upacara Palaksa Lanal Sibolga Mayor Laut (T) Mukmin Alamsyah Putra, Senin (11/9/2023).

Upacara diawali dengan pembacaan narasi sejarah singkat terbentuknya TNI AL pada 10 September 1945 dan Amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang dibacakan oleh Inspektur Upacara saat upacara di Mako Lanal Sibolga.

Dengan Semangat Jalasveva Jayamahe, Terus Melaju Untuk Indonesia Maju, merupakan tema dalam perayaan HUT TNI Angkatan Laut pada tahun ini. Tema ini menunjukkan komitmen tinggi dari TNI AL untuk selalu meningkatkan kemampuan guna menghadapi ancaman yang semakin kompleks. Selama 78 tahun TNI AL telah tumbuh dan berkembang menjadi kekuatan Maritim yang selalu siap siaga menjaga kedaulatan negara di laut, menegakan hukum dan keamanan diseluruh perairan Indonesia sekaligus menjadi salah satu alat diplomasi militer yang efektif pada tataran Internasional. TNI AL juga memiliki peran sentral dalam menjaga stabilitas Maritim di kawasan. Pada misi Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia telah mendapatkan apresiasi dan pengakuan yang tinggi dari dunia Internasional.

Spektrum ancaman maupun tantangan yang ada, TNI AL di tuntut harus tanggap, karena merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari TNI. TNI AL harus siap menjadi garda terdepan dalam menghadapi beragam krisis yang mengancam kepentingan dan keselamatan bangsa. TNI AL terus bersinergi dengan komponen bangsa lainnya dalam melindungi seluruh kepentingan Nasional menyukseskan pembangunan bangsa dan berperan aktif dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Setiap prajurit TNI AL harus selalu adaptif terhadap perubahan dan senantiasa membuka diri harus belajar dari hal hal baru dan keluar dari zona nyaman, serta mampu berfikir kreatif dan solusi dalam menghadapi berbagai situasi yang tidak terduga.

Upaya nyata dalam mewujudkan TNI AL yang Profesional, Modern, dan Tangguh merupakan suatu keharusan yang tidak bisa di tawar lagi. Panglima TNI juga menyampaikan pada saat sambutan yang dibacakan oleh Irup, Panggilan jiwa untuk berbakti kepada Bangsa dan Negara di jalan pengabdian yang penuh dengan kebanggaan dan kehormatan. Jadilah Prajurit Jalasena yang selalu di cintai.

Upacara dilaksanakan secara sederhana tapi tidak mengurangi khidmatnya acara. Upacara dihadiri oleh seluruh Perwira Staf, Bintara, Tamtama dan PNS Lanal Sibolga. Acara dilanjutkan dengan Syukuran HUT TNI AL yang ke-78 tahun 2023 di Aula Zulkifli Tanjung Mako Lanal Sibolga.

(Pen Lanal Sibolga)

Related Posts