POLRI

Polres Tapteng bersama Polisi Perairan, Cek Kapal Wisata Laut di Pandan

TAPTENG. KLIK7TV. CO. ID -Sebagai upaya pencegahan terjadinya kecelakaan kapal wisata di laut/pantai, khususnya dalam rangka pelaksanaan libur hari raya Idul Fitri 1445 H. Polres Tapanuli Tengah bersama Polairud melaksanakan kegiatan pengecekan kapal wisata laut di beberapa lokasi pantai di wilayah hukum Polres Tapanuli Tengah. Sabtu, (13/04/2024) 07.00 Wib.

Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Basa Emden Banjarnahor, SIK, MH melalui Kasat Samapta AKP Tohap Sibuea, SE bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pengusaha kapal wisata dan tekong kapal wisata agar selalu mengutamakan keselamatan saat membawa penumpang.

AKP Tohap, juga menyampaikan untuk lokasi pengecakan kapal wisata laut ini dilakukan di beberapa Objek Wisata Pantai yang ramai di kunjungi masyarakat seperti di Pantai Indah Pandan, Pantai Pia Pandan, Pantai Ikan Bakar Roy, dan Pantai Hollywood, Kecamatan Pandan.

Kegiatan ini juga melibatkan 22 Personil berbagai pihak seperti Polres Tapanuli Tengah, Dinas Perhubungan Tapanuli Tengah dan Unit Pol Airud Polda Sumut wilayah Tapanuli Tengah, .

Berbagai pengecekan dilakukan seperti pemeriksaan terhadap rompi keselamatan penumpang, kelayakan badan dan mesin kapal, serta himbauan kepada tekong dan penumpang kapal agar tidak melanggar aturan seperti menaikkan penumpang melebihi kapasitas kapal, duduk di atas haluan kapal atau mengizinkan anak di bawah umur atau yang tidak berpengalaman untuk menakhodai kapal.

“kita menghimbau agar awak kapal mengutamakan keselamat penumpang kapal wisata, seperti menyediakan Rompi keselamatan penumpang di kapal wisata yang akan berangkat serta penumpang tidak melebihi muatan” Jelas Kasat Samapta

Setelah melakukan pengecekan, menunjukkan bahwa seluruh kapal wisata yang diperiksa telah mempersiapkan jaket keselamatan untuk penumpang. Seluruh penumpang kapal juga telah mematuhi himbauan yang diberikan oleh petugas.

Dengan demikian, kegiatan pengecekan kapal wisata laut yang dilaksanakan oleh Polres Tapanuli Tengah telah berhasil menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung atau wisatawan yang berkunjung ke wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah, khususnya dalam wisata pantai/laut.

“Hari ini, dari hasil patroli dan pengecakan yang kita laksanakan tidak ditemukan pelanggaran, dan para awak kapal wisata sudah memenuhi standar untuk melakukan perjalanan” Tutup Kasat Samapta. @(an)

Related Posts