TNI AU

Personel Lanud Sam Ratulangi Ikuti Sosialisasi Buku Saku Netralitas TNI

MANADO,KLIK7TV.CO.ID – Personel Lanud Sam Ratulangi mengikuti Sosialisasi Buku Saku Netralitas TNI dalam Pemilihan Umum (Pemilu) yang dibuka oleh Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Patar Sahat Panggabean didampingi Ir Babinkum TNI Brigjen TNI Rudi Suryono, S.H., M.H., di Aula Grhadika Jaya Sakti, Makodam XIII/Merdeka, Manado. Rabu (11/10/2023).

Dalam sambutan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M., yang dibacakan Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka menjelaskan bahwa keikutsertaan dalam acara sosialisasi ini sebagai bukti nyata untuk mewujudkan komitmen Netralitas TNI dalam pesta demokrasi Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang.

“Setiap prajurit TNI dilarang berpolitik praktis ataupun terlibat dalam kegiatan partai politik, dan TNI memiliki aturan serta sanksi tegas bagi prajurit yang melanggar Netralitas TNI,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, lanjutnya, sosialisasi buku saku Netralitas TNI dalam Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) diselenggarakan guna menjelaskan berbagai aturan hukum yang berlaku bagi prajurit dan PNS TNI dalam rangka mencegah terjadinya pelanggaran Netralitas TNI yang tahapan-tahapan Pemilu dan Pilkada 2024 sedang berjalan.

“Mari kita simak penjelasan yang akan disampaikan tim Babinkum TNI agar kita mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan demi terwujudnya Netralitas TNI,” katanya.

Sementara itu, Ir Babinkum TNI mengatakan bahwa mewujudkan Pemilu dan Pilkada yang berintegritas akan menjadi ujian bagi bangsa Indonesia, termasuk terhadap TNI yang merupakan garda terdepan dan benteng terakhir bangsa memiliki peran sentral dalam menjaga keamanan, ketertiban dalam kesuksesan penyelenggaraannya.

“Perlu adanya pemahaman terkait aturan-aturan tentang Pemilu dan Pilkada bagi prajurit TNI, dan tentunya harus berkoordinasi dengan KPU serta Bawaslu dalam menangani pelanggaran ataupun tindak pidana yang berkaitan dengan penyelenggaran Pemilu dan Pilkada,” jelasnya.

Adanya sosialisasi ini, lanjut Ir Babinkum TNI, diharapkan prajurit dan PNS TNI dapat menambah wawasan mengenai Netralitas TNI dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024, serta bagi para penegak hukum di lingkungan TNI dapat melaksanakan tugasnya secara profesional, proporsional, dan prosedural.

Acara dilanjutkan dengan paparan Kabid Gakkum Babinkum TNI Kolonel Chk (K) Sri Widyastuti, S.H., mengenai Buku Netralitas TNI yang disimak secara seksama oleh seluruh peserta sosialisasi yang terdiri dari personel jajaran Kodam XIII/Merdeka, Lantamal VIII, dan Lanud Sam Ratulangi.

Related Posts