TNI AU

Pangkoopsud I Pimpin Satgas Udara untuk Amankan Langit Ibu Kota Jakarta Selama KTT ke-43 ASEAN.

JAKARTA, KLIK7TV.CO.ID – Panglima Komando Operasi Udara I Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., selaku Komandan Satgas Udara/Pertahanan Udara (Dansatgas Udara/Hanud) pimpin briefing unsur Satgas Udara, dalam rangka menyelenggarakan Operasi Pengamanan VVIP terhadap Presiden, Wakil Presiden dan Tamu Negara setingkat Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan, dalam kegiatan KTT ke-43 ASEAN Tahun 2023. Bertempat di Ruang Rapat Terminal Selatan, Lanud Halim Perdanakusuma. (Selasa, 5-9-2023).

Pada pelaksanaan briefing tersebut, Dansatgas Udara mengecek kembali kesiapan masing-masing personel dan alutsista yang terlibat dalam Pengamanan VVIP KTT ke-43 ASEAN Tahun 2023, dimana Satgas Udara membawahi tiga Subsatgas yaitu Pertahanan Udara (Hanud), Mobile Udara (Mobud) dan Udara Khusus yang melibatkan 1.288 personel.

Dalam kesempatan tersebut Dansatgas Udara menekanan kepada masing-masing personel, “Agar mengikuti terus perkembangan yang terjadi, memahami tugas tanggung jawab yang telah diberikan dan jangan anggap remeh. Selain itu untuk yang berada di Posko harus selalu update perkembangan tentang kegiatan dan juga informasi jalannya acara” ujar Pangkoopsud I selaku Dansatgas Udara/Hanud.

Lebih lanjut Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., menambahkan, “Siapapun yang melihat keanehan atau anomali, harap segera langsung melaporkan ke komando atas, serta selalu antisipatif dan berhati-hati dalam pelaksanaan tugas”.

Pada hari yang sama, Pangkoops Udara I melaksanakan peninjauan dan pengecekan kesiapan dari Posko Taktis yang berada di wilayah DPR/MPR RI. “Saya harap kepada anggota yang ditugaskan, agar selalu siap dan waspada mengamankan kegiatan KTT ke-43 Asean ini,” Ujar Alumnus AAU’93 saat meninjau langsung di lokasi.

Dalam pengamanan udara tersebut, TNI AU mengerahkan beberapa pesawat tempur, angkut, heli dan pesawat intai untuk mengamankan langit Ibu Kota Jakarta agar pelaksanaan KTT ASEAN ke-43 Tahun 2023 dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Related Posts