TNI AU

Pangkoopsud I Hadiri Pemberangkatan Tim Pengiriman Bantuan Kemanusiaan Pemerintah Republik Indonesia kepada Palestina.

JAKARTA, KLIK7TV.CO.ID – Panglima Komando Operasi Udara I Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., hadiri acara pemberangkatan tim pengiriman bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Republik Indonesia kepada Palestina, yang dilepas langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo bersama para Menteri terkait dari Kabinet Indonesia Maju serta Panglima TNI dan Kapolri. Bertempat di Baseops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. (Sabtu, 4-11-2023).

Sebelum bantuan kemanusiaan tersebut diberangkatkan dan dilepas oleh Presiden RI, Kasau didampingi Pangkoopsud I, Danlanud HLM, dan pejabat TNI AU lainnya, terlebih dahulu meninjau dan memeriksa paket bantuan kemanusiaan tersebut sekaligus memeriksa kesiapan Pilot dan Crew pendukungnya.

Dalam sambutannya Presiden RI Ir. H. Joko Widodo menjelaskan, “Bantuan kemanusiaan ini akan segera diberangkatkan menuju Bandara El Arish di Mesir kemudian akan disalurkan ke Gaza, ini adalah bantuan pertama kali sebanyak 51,5 ton bantuan berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda dan barang-barang logistik lainnya, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan di Gaza dan untuk bantuan selanjutnya sedang dalam proses persiapan” ujar Presiden RI.

Lebih lanjut Presiden RI menambahkan, “Bantuan ini bukan hanya dari pemerintah namun juga dari masyarakat, dunia usaha, yang disalurkan melalui lembaga kemanusiaan ada yang dari Baznas, PMI, IHA, Kitabisa dan juga TNI-Polri yang selanjutnya kita harapkan semakin banyak. Ini merupakan wujud dari solidaritas dan kepedulian Indonesia terhadap kemanusiaan” ujar Ir. H. Joko Widodo.

Bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Republik Indonesia kepada Palestina tersebut diangkut menggunakan dua pesawat Hercules C-130 TNI Angkatan Udara, masing-masing Tail Number A-1327 dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, dan Tail Number A-1328 dari Skadron udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang serta 1 unit pesawat Airbus 330 Lion Air. Bertindak sebagai Mission Commander Kolonel Pnb Subhan, S.T., M.A.P.

Penerbangan C-130 Hercules TNI AU, akan menempuh rute Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta – Lanud Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh) – Yangon (Myanmar) – New Dehli (India). Esok harinya (5/11) akan melanjutkan penerbangan dari New Dehli – Abu Dhabi – Jeddah. Selanjutnya (6/11) Jeddah – Bandara El Arish (Mesir) (Lokasi dropping bantuan kemanusian Pemerintah Republik Indonesia untuk Palestina), setelah itu kembali menuju Republik Indonesia dengan rute Jeddah – Abu Dhabi. Lalu besoknya (7/11) dari Abu Dhabi – Mumbai – Yangon. Kemudian besoknya (8/11) Yangon – Lanud SIM – Lanud Halim Perdanakusuma.

Turut hadir mendampingi Presiden Republik Indonesia, Kasau, Kasal, Kasad, Sekjen PMI dan Staf, Ketua Humanitarian Forum Indonesia, Ketua Baznas RI serta Kabais TNI, Para Asisten Panglima TNI, Kapuspen TNI, Pangkoopsudnas, Pangarmada RI, Pangkostrad, Pangdam Jaya, Kapolda Metro Jaya, Para Asisten Kasau, Dankopasgat, Kadispenau, Danlanud Halim Perdanakusuma dan pejabat utama TNI lainnya.@Red

Related Posts