TNI AD

Panen Padi Perdana Protangguh di wilayah Batang Melimpah

Batang – Panen padi perdana Protangguh hasil pengembangan varietas unggul kolaborasi pentahelix Korem 071/Wijayakusuma dengan Fakultas Pertanian (Faperta) Unsoed, hasilkan panen berlimpah untuk membantu mengatasi Stunting diwilayah.

Panen perdana padi Protangguh varietas unggul tersebut dilakukan Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro Ny. Diah Mohammad Andhy Kusuma, Dandim 0736/Batang beserta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIV Kodim 0736/Batang, Forkopimda dan instansi terkait Kabupaten Batang, Senin (21/8/2023) di Desa Kalibeluk Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han mengatakan, panen padi Protangguh varietas unggul hasil pentahelix antara Korem 071/Wijayakusuma dan Faperta Unsoed ini, merupakan hasil pengembangan penanaman bibit padi varietas unggul Protangguh diseluruh wilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma.

Dikatakan, kolaborasi pentahelix ini dalam pengembangan bibit padi varietas unggul Protangguh untuk membantu pemerintah mewujudkan ketahanan pangan tangguh diwilayah, khususnya dalam membantu atasi Stunting karena Protangguh ini dirakit untuk meningkatkan nutrisi dan kaya akan proteinnya.

“Kita lakukan ini dengan menyebar varietas unggul Protangguh ke wilayah, untuk menggencarkan percepatan penanaman padi Protangguh untuk mendukung ketersediaan pangan khususnya beras terus terjamin, sekaligus untuk mengatasi Stunting diwilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma”, terangnya.

Terkait dengan lahan yang dipersiapkan tanam padi ini, merupakan pemanfaatan lahan TNI maupun lahan kelompok tani diwilayah. Dan saat panen padi ini, merupakan lahan Bengkok Kades Kalibeluk Kecamatan Warungasem seluas 2 Ha, dengan hasil yang memuaskan.

Danrem juga berharap, keberhasilan penanaman padi varietas unggul Protangguh ini, dapat terus dikembangkan diseluruh wilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma dalam rangka membantu pemerintah memenuhi kebutuhan pangan melalui program ketahanan pangan, selain itu untuk membantu kesejahteraan petani serta untuk membantu Stunting diwilayah agar Stunting diwilayah menurun.

Diketahui, Varietas unggul baru padi protein tinggi Protangguh ini, memiliki beragam keunggulan. Antara lain daya hasil tinggi kurang lebih 8,5 ton per hektar, tinggi tanaman 117 cm, tahan rebah, tahan terhadap hama penyakit. Selain itu juga memiliki kandungan protein beras yang tinggi 9 – 13 persen, tekstur nasi pulen dan kandungan zat gizi Zn sebesar 27 ppm.

Zat gizi Zn memberi dampak pada pertumbuhan anak, dan Padi Protangguh ini merupakan hasil seleksi persilangan padi yaitu Ciherang dengan G 39 atau padi gogo aromatik koleksi Laboratorium Pemuliaan Tanaman dan Bioteknologi Fakultas Pertanian Unsoed.

Dalam jumpa persnya, terkait pembibitan yang diambil dari padi hasil panen varietas Protangguh, Danrem menyampaikan kedepannya nanti akan ada Tim dari Univesitas Jenderal Soedirman yang akan membantu untuk mekanisme prosesnya.

“Nanti akan ada tim dari Universitas Jenderal Soedirman dalam hal ini fakultas pertanian yang akan membantu bagaimana caranya mensemaikan bibit ini, sehingga mungkin bisa medapatkan bibit Protangguh yang berasal dari hasil panen yang sudah ada”. pungkasnya.

Dalam rangkaian kegiatan panen raya tersebut Danrem 071/Wijayakusma juga memberikan bantuan berupa paket Sembako kepada warga tidak mampu dan Balita Stunting di Desa Kalibeluk Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang.@Red

Related Posts