Daerah

Musyawarah III Forwaker Kukuhkan Peran Media Massa di Era Masyarkat 5.0

Banjarmasin, KLIK7TV.CO.ID – Di era industri 4.0 dan society atau masyarakat 5.0 merupakan tantangan, sekaligus peluang bagi semua pihak. Tidak terkecuali di sektor media massa yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebagai mitra strategis Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), media massa pun tidak ketinggalan dituntut untuk terus beradaptasi dan berakselerasi dengan segala perubahan di era digitalisasi saat ini.

Menyadari hal tersebut, Forum Wartawan Ketenagakerjaan (Forwaker) terus berbenah diri dengan merumuskan program kerja, pimpinan organisasi, serta menyiapkan berbagai langkah agar terus bisa eksis.

“Peran teman-teman di Forwaker sudah bagus. Ke depan, perlu ditingkatkan dengan beradaptasi seiring era industri 4.0 dan masyarakat 5.0 dari sisi pemberitaan dan wartawan yang bertugas di lingkungan Kemnaker,” kata Kepala Biro Humas Kemnaker, Chairul Fadhly Harahap yang diwaliki Kasubag TU dan PPK Biro Humas Kemnaker Alman Faluti, saat membuka secara resmi kegiatan “Musyawarah III Forwaker”, di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (7/9/2023).

Melalui kegiatan tersebut lanjutnya, Kemnaker berharap Forwaker untuk terus memberitakan program-program isu-isu dan pemberitaan ketenagakerjaan kepada masyarakat, sehingga tersebar berita-berita positif serta melawan berita bohong atau hoaks.

“Hingga saat ini, isu-isu ketenagakerjaan dinilai seksi dan kalau tidak dikawal oleh Forwaker maka masyarakat akan mendapatkan berita hoaks yang tidak beratanggung jawab. Padahal, kami sudah bekerja dengan maksimal,” ujar Alman.

Di tempat yang sama, Ketua Forwaker, Hamdan menandaskan, Forwaker berkomitmen kuat untuk menjalin kerja sama dengan Kemnaker terlebih di era digitalisasi yang dituntut serba cepat dan berbasis digital.

“Kami dituntut bergerak cepat, namun tetap berpegang teguh kepada UU Pers, Kode Etik Jurnalistik (KE) dan norma dasar sebagai pilar keempat demokrasi serta pers yang independen. Untuk itu, dari sisi AD/ART, aturan organisai, program kerja, serta tata kelola terus dilakukan perbaikan dari waktu ke waktu, sebab kalau tidak akan tergilas zaman,” ucap Hamdan.

Kegiatan Musyawarah III Forwaker dilaksanakan di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mulai Rabu-Sabtu, 7-9 September 2023, yang diikuti oleh seluruh anggota Forwaker dari berbagai media massa yang ditugaskan di lingkungan Kemnaker RI. (ARMAN R)

Related Posts