TNI AL

MENUJU PREDIKAT WILAYAH BEBAS KORUPSI, KOLINLAMIL KONSISTEN IMPLEMENTASIKAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS

JAKARTA,KLIK7TV.CO.ID – Dipimpin langsung oleh Panglima Kolinlamil Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H. serta didampingi oleh Inspektur Kolinlamil, sejumlah Pejabat Utama dan Kasatker Kolinlamil, Komando Lintas Laut Militer melaksanakan Desk Evaluation Zona Integritas (ZI) dan wawancara secara virtual oleh Staf Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang dipimpin oleh Agusdin Muttakin selaku Ketua Tim Penilai Nasional (TPN) Kemenpan RB beserta 2 orang stafnya di gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (6/9). Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu mekanisme dalam rangka Kolinlamil mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Panglima Kolinlamil memaparkan tentang Pembangunan Zona Integritas (ZI) di satuan kerja jajaran Kolinlamil yang terdiri dari capaian hasil pembangunan Zona Integritas pada 6 Area Perubahan yang telah dilakukan, terutama pada penguatan integritas dan inovasi sistem pelayanan (before and after). Menindaklanjuti arahan dan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, Panglima Kolinlamil menyampaikan komitmen jajaran Kolinlamil dalam mendukung penguatan reformasi birokrasi di jajaran TNI AL guna menumbuhkembangkan pola pikir dan budaya kerja untuk menuju peningkatan kinerja dan integritas seluruh personel TNI AL. “Oleh karena itu dalam peningkatan kinerja seluruh personel TNI AL bahwa kunci utama dari pembangunan Zona Integritas yaitu perubahan sistematis dan konsisten terkait mekanisme kerja, pola pikir, serta budaya kerja yang harus menjadi lebih baik sesuai tujuan dan sasaran pembangunan Zona Integritas.” ungkapnya.

Usai melaksanakan paparan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang terkait dengan 6 bidang Reformasi Birokrasi yaitu Bidang Manajeman Perubahan, Bidang Manajemen Tata Laksana, Bidang Manajemen SDM, Bidang Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Bidang Penguatan Pengawasan dan Bidang Pelayanan Publik. Dalam mewujudkan Kolinlamil untuk penilaian ZI menuju WBK, Kolinlamil telah melakukan beberapa inovasi dalam pembangunan ZI ini seperti, menciptakan Web Pengaduan Masyarakat (Dumas) online atau Dumas Kolinlamil, Data Base Hasil Tabulasi Audit Internal dan Eksternal, Aplikasi E-BBM yang merupakan aplikasi layanan keuangan digital dari TNI AL untuk mengontrol bahan bakar jenis pertalite dan solar, Aplikasi Kaporlap Sibensam untuk memudahkan dalam melakukan manajemen inventori pembekalan prajurit Kolinlamil dan Kill Card yang merupakan penjabaran dari prosedur pelaksanaan peran darurat pada Buku Induk Tempur. (Dispen Kolinlamil)

Related Posts