TNI AL

MENGENANG JASA PAHLAWAN, TNI AL SIAP MENERUSKAN PERJUANGAN DAN DARMA BAKTI PARA PENDAHULU

JAKARTA,KLIK7TV.CO.ID – Ziarah di makam pahlawan memiliki makna sangat penting bagi setiap generasi penerus dalam upaya melanjutkan perjuangan bangsa. Oleh karenanya, ziarah tidak hanya dimaksudkan sebatas mengenang jasa perjuangan para pahlawan. Tapi lebih jauh, yaitu bahwa dengan mengenang dan menghormati jasa-jasa perjuangan para pahlawan, diharapkan selalu berkobar semangat patriotik dalam dada setiap generasi untuk terus berjuang menegakkan kedaulatan negara, sehingga pembangunan dapat terus berjalan tanpa ada hambatan, gangguan, maupun ancaman dari pihak manapun.

Sejalan dengan makna tersebut, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 TNI Angkatan Laut yang jatuh pada tanggal 10 September 2023, Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H. didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kolinlamil Ny. Wenny Edwin mengikuti upacara ziarah dan tabur bunga yang dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata , Jakarta Selatan, Jumat (8/9). Dalam upacara tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr Opsla memimpin penghormatan ke makam pahlawan dan meletakkan karangan bunga secara simbolis di Tugu Monumen Pahlawan Nasional Kalibata dilanjutkan dengan penaburan bunga di makam pahlawan oleh seluruh peserta ziarah.

Panglima Kolinlamil menyampaikan bahwa ziarah ini merupakan bentuk penghormatan para prajurit TNI AL kepada para pahlawan yang gugur saat memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Rangkaian ini penting untuk menjaga semangat para generasi penerus untuk selalu mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mengisinya dengan kinerja yang optimal sesuai dengan bidangnya.

“Tentu dalam kondisi berbeda. Kalau sebagian besar pahlawan berjuang saat era kemerdekaan, kita berjuang mengisi kemerdekaan dengan darma bakti kita di bidang masing-masing. Nilai-nilai kejuangan dan patriotisme yang ditunjukkan oleh para Pahlawan Kusuma Bangsa tentunya harus kita sebagai suri tauladan guna mewujudkan cita-cita perjuangan bangsa guna meraih tujuan bangsa Indonesia.” pungkas Panglima Kolinlamil. (Dispen Kolinlamil)

Related Posts