TNI AL

Masuki Etape II Tim Merah Ekspedisi Maritim TNI AL Tiba di Sangatta

JAKARTA, KKIK7TV.CO.ID – Tim Merah Ekspedisi Maritim TNI Angkatan Laut (TNI AL) 2023 tiba di Sangatta, Kalimantan Timur dan disambut langsung Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin M.Tr.Opsla didampingi Wakil Bupati Kutai Timur, Dr. H. Kasmidi Bulang, S.T., M.M.l., Forkopinda Kecamatan Kongbeng dan Wahau, Pelajar sekolah serta Komunitas Kendaraan roda empat dan roda dua bertempat di Kantor Desa Makmur Jaya Kecamatan Kongbeng, Kamis (07/08).

Dalam sambutannya, Danlanal Sangatta mengucapkan selamat datang kepada Tim Merah Ekspedisi Maritim beserta rombongan yang dipimpin langsung Aspotmar Lantamal XIII Tarakan yakni Kolonel Mar Martua Felix Pakpahan, S.S., M.Si.

“Selamat Datang di Wilayah Kerja Lanal Sangatta, kali ini Ekspedisi Maritim biasanya melalui jalur laut menggunakan Kapal Perang (KRI), tetapi tahun ini kita melalui jalur darat”, ujar Danlanal.

Lebih lanjut Danlanal Sangatta menyampaikan teknis pelaksanaan Ekspedisi Maritim. “Ekspedisi Maritim tahun 2023 dibagi menjadi dua tim, Tim Merah dan Tim Putih yang melakukan etape hingga finish di IKN nanti”.

“Ada beberapa check point selama melewati Wilayah Kerja Lanal Sangatta, yakni yang pertama di Gunung Kudung, yang kedua di Mako Lanal Sangatta, ketiga KBN Rawa Gabus, kemudian dilanjutkan ke Marang Kayu sebagai batas wilayah Lanal Sangatta dan Lanal Balikpapan. Kegiatan Ekspedisi Maritim di wilayah kerja Lanal Sangatta akan terpusat di KBN Rawa Gabus, disana akan digelar beberapa kegiatan lomba dan kuliner”, terang Danlanal.

“Secara filosofis suatu Ekspedisi pasti membawa sesuatu nilai berharga yang akan diambil atau disampaikan dalam suatu perjalanan Ekspedisi. Demikian juga halnya dengan Ekspedisi Maritim Tahun 2023 yang dilaksanakan TNI AL dalam memperingati HUT- nya yang KE-78 tentunya sarat akan pesan”, ujar Aspotmar Lantamal XIII Tarakan Kolonel Marinir M.Felix Pakpahan, S.S., M.Si. saat membacakan amanat Danlantamal XIII Laksamana Pertama TNI Deni Herman.

“Pada acara Ekspedisi Maritim Tim Rute Merah yang diberangkatkan dari Tarakan ini dilanjutkan perjalanan ke Tanjung Selor kemudian ke Berau selanjutnya ke Sangatta dan Berakhir di Balikpapan. Pada setiap pemberhentian di Pos TNI AL serta Lanal-Lanal dilaksanakan kegiatan berupa Bakti Sosial, Bintahwil, dan Komsos. sedangkan di lokasi finish selain ketiga kegiatan Binpotmar di atas juga akan dilaksanakan panggung prajurit”, tutupnya.

Program Ekspedisi Maritim TNI AL 2023 dalam rangka HUT ke-78 TNI AL yang terdiri dari dua rute yaitu merah dan putih ini merupakan implementasi perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali bahwa dimanapun prajurit Jalasena TNI AL berada harus dapat memberikan manfaat pada masyarakat sekitarnya, dimana pada setiap daerah yang dilalui tim ekspedisi melakukan kegiatan pembinaan terhadap potensi maritim dan bakti sosial.#Red

Related Posts