TNI AL

Lanal Bintan Bersama Unsur FKPD Bintan Menyelenggarakan Program Kali Bersih (Prikasih)

BINTAN,KLIK7TV.CO.ID – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bintan selenggarakan program Kali Bersih (Prokasih) dalam rangka rangkaian kegiatan peringatan HUT TNI Angkatan Laut ke-78 tahun 2023 yang dilaksanakan di Desa Lancang Kuning, Kecamatan Bintan Utara, Bintan, Selasa (05/09/2023).

Program Kali Bersih yang diselenggarakan Lanal Bintan tersebut juga melibatkan jajaran TNI AL yang ada di Tanjung Uban (Fasharkan Mentigi, Satran Koarmada I, Satkat Koarmada I, Satdik I Tanjung Uban), TNI AD, jajaran Polresta Bintan Timur, serta unsur FKPD Bintan lainnya dan masyarakat sekitar.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., yang didampingi Paspotmar Lanal Bintan Mayor Mar Yuda Bakti mengatakan bahwa Program Kali Bersih (Prokasih) kali ini merupakan bagian dari program kerja TNI AL yang tujuannya adalah membantu masyarakat dalam rangka mengendalikan pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh penumpukan sampah maupun pencemaran lingkungan lainnya dimana aliran sungai akan menuju ke laut, sehingga laut pun akan bersih dari sampah, selain dari pada itu Program kerja pengendalian pencemaran air sungai ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas air sungai agar tetap berfungsi sesuai dengan peruntukannya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., saat memimpin kegiatan Program kali bersih secara serentak tahun 2023 dalam rangka HUT TNI Angkatan Laut ke-78 secara Video Conferrence (vicon), yang mengatakan bahwa selaras dengan momentum peringatan hari ulang tahun TNI Angkatan Laut yang ke-78, TNI AL mengajak seluruh komponen bangsa untuk mewujudkan kelestarian lingkungan hidup disepanjang daerah aliran sungai melalui program kali bersih yang dilaksanakan secara serentak di 78 lokasi diseluruh wilayah nusantara.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan perairan dan sungai, serta meningkatkan kerjasama lintas sektoral dalam upaya mempertahankan keseimbangan ekosistem air dan melindungi sumber daya air untuk generasi mendatang. Dalam lingkup yang lebih luas, kegiatan ini merupakan wujud komitmen TNI Angkatan Laut bersama segenap komponen bangsa terhadap kelestarian lingkungan hidup guna mendukung strategi pemerintah dalam pembangunan kesehatan, pemantapan ketahanan air dan ketahanan nasional yang telah ditetapkan sebagai salah satu pilar utama untuk mendukung upaya pembangunan yang berkelanjutan dalam mewujudkan visi Indonesia emas tahun 2045.

Untuk mewujudkan ketahanan sumber daya air membutuhkan upaya kolektif yang harus kita sinergikan bersama. Melalui program kali bersih ini, mari kita berkomitmen untuk menjadi agent of change dalam membangun kepekaan terhadap lingkungan, membina kesempatan partisipasi masyarakat dan mengedukasi generasi muda tentang pentingnya konservasi air.
“Mari Kita Jadikan Lingkungan Sungai, Perairan dan Lautan Kita Sebagai Etalase Nusantara Yang Terjaga Keindahan dan Kelestariannya Demi Mewujudkan Kejayaan Indonesia Sebagai Negara Nusantara Yang Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan.”

(Pen Lanal Bintan)

Related Posts