Pendidikan

Kepala SMA Dan SMK Se Cabdis Wilayah I Disdik Provsu Sertijab

MEDAN, KLIK7TV.CO.ID – klik7tv.co.id Pelaksanaan Serah terima jabatan(Sertijab) bagi kepala sekolah Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Medan dan Deliserdang di Aula SMKN ,7 Medan,Senin(21/8) berjalan lancar.Tampak hadir Kepala SMKN 7 Medan,Evi Herawati Lubis SPd, Kepala SMAN 1 Medan Elfi Sahara, Pengawas Sekolah dan undangan lainnya.

Dalam pidatonya Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Medan dan Deli Serdang, August Sinaga SST. S.Pd, M.Pd, menyebutkan
sesungguhnya mutasi dalam jabatan ini hal biasa, sebab mutasi itu sebenarnya dalam rangka penguatan kapasitas bagi seorang pemimpin.

“Jadi penguatan karir sebagai kepala sekolah bisa dinilai dari mutasi jabatan ini. Bagi yang tidak lagi menjabat sebagai kepala sekolah, tentu saja mengambil sisi positif, dengan tidak memiliki jabatan tambahan sebagai kepala sekolah, akan lebih banyak waktu untuk meningkatkan wawasan dalam proses belajar mengajar,”ucapnya.
Hal lain, kata dia, jabatan kepala sekolah ini termasuk promosi bagi seseorang dalam rangka meningkatkan perubahan kearah yang lebih hebat.

“Kalau posisi sebagai guru memiliki pengalaman dan kemampuan yang handal dalam proses mengajar, maka semua itu justru sangat berguna ketika menjabat kepala sekolah,”ucapnya.
Kacabdis juga menyebutkan menjadi kepala sekolah harus memiliki perencanaan yang matang terhadap pekerjaan.

“Jadi, semua yang direncanakan hendaklah berbasis data. Agar apa yang akan dikerjakan bisa dikelola dengan baik karena memiliki data yang akurat,”pungkasnya sembari menyebutkan enam bulan kedepan akan ada evaluasi kinerja bagi kepala sekolah yang mengikuti Sertijab saat ini.

Dia juga menyampaikan terimakasih kepada kepala sekolah yang sudah bertugas dengan baik di sekolah masing-masing.

“Saya ucapkan terimakasih kepada kepala sekolah yang sudah berkontribusi dalam pendidikan dan selamat datang bagi yang baru bergabung di
Cabang Dinas Wilayah 1,”pungkas August Sinaga.

Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Asren Nasution diwakili Kabid Pembinaan dan Ketenagaan Salman, dalam arahannya menyampaikan dua hal yang perlu dicermati kepala sekolah yang mengikuti Sertijab.

“Saya sampaikan dua hal kepada kepala sekolah yang mengikuti Sertijab ini. Pertama, percayalah bahwa, proses mutasi ini sudah ditentukan Allah SWT, agar tidak menimbulkan prasangka.jadi mulai besok laksanakan tugas dengan ikhlas. Jangan ragu, teruslah maju. Dan ingat kinerja kepala sekolah akan dinilai dan dievaluasi enam bulan kedepan,”kata Salman.

Kedua, sambung dia, tetaplah berbuat baik untuk mendorong potensi pendidikan kita. Jabatan adalah status, maka jadi orang baik karena ini adalah momentum.Momentum 17 Agustus jadi motivasi memperbaiki mutu pendidikan.
“Jadi jangan ada yang kecewa jika tempat tugas tidak sesuai keinginan,”pungkasnya.
Para kepala sekolah yang mengikuti Sertijab antaranya Kepsek SMKN 5 Medan,Kepsek SMKN 3 Medan,Kepsek SMAN 1 Lubuk Pakam,Kepsek SMAN 2 Medan,Kepsek SMAN 6 Medan,Kepsek SMKN 8 Medan,Kepsek SMKN 14 Medan. Kepsek SMKN 7 Medan
Kepsek SMKN 6 Medan
Kepsek SMAN 12 Medan
Kepsek SMAN 19 Medan
Kepsek SMAN 5 Medan.(mp/sbm)

Related Posts