Headnews

Kepala BP2MI Benny Kritik BPJS Ketenagakerjaan Belum Punya Counter Di Bandara

Jakarta, KLIK7TV.CO.ID – Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani mengkritik kinerja Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dalam melayani Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Pasalnya, PMI yang akan kembali bekerja ke luar negeri setelah cuti, kesulitan untuk membayar BPJS Ketenagakerjaan.

“Bagaimana PMI setelah cuti mau bayar BPJS di Bandara jika di bandara tidak ada counter BPJS ketenagakerjaan. Ada 63 orang PMI tidak bisa bekerja kembali ke luar negeri, karena tidak bisa bayar BPJS dan akhirnya gagal terbang ke negara penempatan dan kami jadi tertuduh, seolah-olah kami menghambat PMI bekerja ke luar negeri,” ungkap Benny kepada Klik7tv.co.id di Kantor BP2MI, Jakarta, baru baru ini.

Idealnya lanjut Benny, ada counter BPJS Ketenagakerjaan di Bandara untuk memudahkan PMI membayar premi BPJS, sehingga PMI tidak sampai gagal terbang untuk bekerja kembali ke luar negeri.

Di samping itu, ia meminta agar BPJS Ketenagakerjaan membuka kantor perwakilan di negara penempatan, agar PMI bisa membayar premi jika memperpanjang kontrak kerja.

“Bagaimana para PMI membayar BPJS, kita menemukan di lapangan di negara Hong Kong, PMI bingung mau bayar BPJS di mana, karena BPJS tidak punya kantor perwakilan di Hongkong dan Taiwan,” ujarnya.

“Kalau pakai aplikasi, mereka nggak tahu caranya karena tidak ada sosialisasinya dari BPJS. Kumpulin donk PMI nya waktu libur kerja untuk sosialisasi Khan bisa. Saran saya BPJS punya kantor di negara penempatan,” ucap Benny. (ARMAN R)

Related Posts