TNI AL

KEPAKAN SAYAP RAJAWALI LAUT SELALU DIDHARMABAKTIKAN UNTUK KEJAYAAN NKRI

JAKARTA,KLIK7TV.CO.ID – Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) menggelar Penyematan Brevet Kehormatan Penerbang kepada Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr Opsla yang berlangsung di Apron Lanudal Juanda, Surabaya, Selasa (12/9). Upacara Penyematan Brevet Kehormatan Penerbang TNI AL kepada Kasal tersebut disematkan oleh Komandan Puspenerbal Laksda TNI Imam Musani.

Acara ini turut dihadiri oleh para Pejabat Utama Mabesal, para Pimpinan Kotama TNI AL yang diantaranya adalah Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han., M.H. yang juga merupakan Penerbang TNI AL didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kolinlamil Ny. Wenny Edwin.

Sebelum melaksanakan penyematan brevet, terlebih dahulu Kasal menjalani berbagai prosedur standard operasi penerbang yang meliputi cek kesehatan, menerima briefing dari instruktur, dilanjutkan Free Flight Inspection dan Start Engine dengan dilanjutkan prosesi menerbangkan pesawat Helikopter jenis AS-565 Mbe Panther produksi PT. Dirgantara Indonesia. Dalam kesempatan itu juga Kasal meletakkan Batu Pertama Pembangunan Monumen Kepak Sayap Rajawali Laut yang akan menjadi memorial icon bagi jasa para Penerbang TNI AL yang telah memberikan Dharma Baktinya bagi Negara.

Brevet Penerbangan TNI AL merupakan simbol pengakuan terhadap profesionalisme prajurit penerbang dan sebagai bentuk apresiasi bagi personel di luar Pusat Penerbangan TNI AL baik militer maupun sipil yang telah berjasa memberikan kontribusi positif bagi kemajuan organisasi. Penyematan Brevet Kehormatan ini sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada Kasal yang selama ini telah memberikan andil baik pemikiran maupun gagasan, guna membangun dan mengembangkan kekuatan TNI AL, khususnya Penerbangan TNI AL.

Dalam sambutannya Kasal menyampaikan bahwa Penerbangan TNI Angkatan Laut merupakan bagian dari Fire Power dalam peperangan laut yang akan bertempur bersama unsur laut, pasukan pendarat dan unsur SSAT lainnya secara terintegrasi. Disamping itu, Penerbangan TNI AL juga berperan sebagai Attacking Force, Patrolling Force dan Supporting Force yang mampu mendukung pencapaian tugas TNI AL secara efektif. Oleh sebab itu, pengembangan kekuatan Puspenerbal secara berkesinambungan menjadi First Class Naval Aviation merupakan sebuah tuntutan yang harus dipenuhi dengan visi pembangunan TNI AL yang modern dan berproyeksi global.

“Berkaitan dengan visi tersebut, saya mengamanatkan kepada seluruh jajaran Penerbangan TNI Angkatan Laut untuk menyongsong pengembangan kekuatan Puspenerbal dengan terus meningkatkan profesionalisme Prajurit Rajawali Laut melalui pendidikan dan latihan yang komprehensif selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu diperlukan pula kontribusi aktif seluruh pengawak organisasi Puspenerbal untuk menjadi agen perubahan”, ujar Kasal

Dalam kegiatan tersebut dimeriahkan dengan berbagai demontrasi udara yang menampilkan aksi dua Helikopter AS-565 Mbe Panther dan Fly Pass enam pesawat G-36 Bonanza. (Dispen Kolinlamil)

Related Posts