Ekonomi

Kemnaker : Budaya K3 Kunci Bangun Ekosistem Ketenagakerjaan yang Unggul

Jakarta, KLIK7TV.CO.ID – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi mengatakan, salah satu kunci penting dari pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul adalah dengan membangun budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang baik.

Menurut Anwar, dengan adanya budaya K3 yang unggul, maka angka kecelakaan kerja akan dapat ditekan, yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kerja.

Hal tersebut dikatakan Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi ketika menjadi pembicara pada World Safety Organization (WSO) Safety Culture Award (WISCA) 2023, di Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Anwar menyatakan, pemerintah senantiasa mendorong Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di bidang K3 untuk meningkatkan perlindungan pekerja dan meningkatkan produktivitas.

Pelaksanaan K3 akan mencegah dan meminimalisir kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Penerapan K3 di tempat kerja juga dapat menunjang peningkatan produktivitas dan kesejahteraan, serta peningkatan daya saing perusahaan untuk keberlajutan usaha.

“Keberhasilan program K3 akan meningkatkan indeks pembangunan manusia, dan sangat membantu menunjang pembangunan nasional serta peningkatan daya saing nasional untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan,” terang Anwar.

Selain menjadi pembicara, pada kesempatan ini Sekjen Anwar Sanusi juga mendapatkan Penghargaan WSO Concerned Citizen Award 2023 yaitu penghargaan bagi perusahaan, organisasi, atau individu yang memiliki komitmen dalam membudayakan K3. (ARMAN R)

Related Posts