TNI AL

Kasal Resmi Tutup Latihan Binsat Korps Marinir TNI AL TA. 2023 di Mabesal

JAKARTA,KLIK7TV.CO.ID – “Karakter dan kompetensi prajurit adalah elemen kunci dalam menghadapi ancaman militer di masa depan”. Hal tersebut diungkapkan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali saat memimpin Upacara Penutupan Lomba Pembinaan Satuan (Binsat) Korps Marinir TNI Angkatan Laut (TNI AL) TA. 2023 bertempat di Kolam Renang Tirto Sagoro, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (31/10).

Lomba Binsat Korps Marinir TA. 2023 ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengukur hasil pembinaan satuan di jajaran Korps Marinir. Selain itu lomba tersebut juga dalam rangka meningkatkan keterampilan dasar dan kesiapan tempur prajurit, meningkatkan dan menumbuhkembangkan mental kejuangan serta jiwa korsa prajurit Korps Marinir.

Kasal dalam sambutannya menjelaskan lomba binsat adalah salah satu tradisi yang tepat untuk memupuk karakter dan kompetensi tersebut. Lomba binsat Korps Marinir dapat digunakan sebagai tolok ukur kualitas pembinaan prajurit di satuan masing-masing selama ini.

Lebih lanjut Kasal menyampaikan, satuan yang memiliki pola pembinaan terbaik didukung dengan kepemimpinan yang kuat akan keluar menjadi pemenang dan berhak menyandang gelar juara.

”Untuk itu, sebagai pemimpin TNI Angkatan Laut saya bangga dan mengucapkan selamat kepada satuan yang berhasil menjadi pemenang. Harapan saya adalah agar prestasi ini dapat dipertahankan serta terus ditingkatkan”, ungkap Kasal.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 190 peserta perwakilan tim terbaik dari Pasmar 1 Jakarta, Pasmar 2 Surabaya, Pasmar 3 Sorong dan Brigif 4 Mar/BS Lampung. Perwakilan Pasmar 1 Jakarta adalah dari Yon Taifib 1 Mar, Yonif 4 Mar dan Yon RRF 1 Mar. Untuk perwakilan Pasmar 2 Surabaya adalah Yonif 1 Mar, Yonif 3 Mar dan Yonif 5 Mar. Perwakilan Pasmar 3 Sorong adalah Yon Taifib 3 Mar dan Yonif 11 Mar. Sedangkan Perwakilan Brigif 4 Mar/BS Lampung adalah Yonif 8 Mar dan Yonif 10 Mar.

Seluruh perwakilan tim tersebut siap bertanding untuk memperebutkan gelar juara, dimana tiap masing-masing tim terdiri dari perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama, dan official.

Sejumlah materi yang keras dan menantang dilombakan dalam kegiatan ini yaitu, menembak, speed mars 5K, dan Cross Country 8KM yang dilaksanakan di PMPP TNI Sentul Bogor, perlombaan renang militer yang dilaksanakan di Kolam Renang Tirto Sagoro Mabesal Cilangkap Jakarta Timur dan perlombaan Halang Rintang yang dilaksanakan di lapangan HR Rindam Jaya Condet Jakarta Timur mulai 23 sampai dengan 31 Oktober 2023.

Pada kesempatan ini, Kasal memberikan apresiasi kepada para prajurit yang berhasil meraih juara dalam Lomba Binsat Korps Marinir TA. 2023 dan menyampaikan kepada tim yang belum menang untuk berbesar hati dan dan tetap berupaya lebih keras serta semangat dalam meraih prestasi dalam bidangnya.

Prajurit yang berhasil meraih kemenangan dalam Lomba Binsat Korps Marinir TNI AL TA. 2023 antara lain Juara perorangan Terbaik kategori Cross Country diraih Serda Mar Haerul (Yonif 11 Mar), Tembak Senapan Praka mar Muhlisin (Yon Taifib 1 Mar), Tembak Pistol Pratu Mar iksan Badawi (Yonif 1 Mar), Halang Rintang Pratu Mar Pilon (Yon Taifi 1 Mar), dan Renang Militer Lettu Mar Marchel (Yonif 4 Mar).

Selain itu pemenang kategori Materi Lomba untuk Juara Cross Country diraih Yon Taifib 1 Marinir, Menembak Yon Taifib 1 Marinir, Speed Mars Yonif 10 Marinir, Halang Rintang Yonif 8 Marinir, dan Renang Militer Yonif 4 Mar. Diakhir acara juga diumumkan Juara Umum dari Binsat Marinir TA 2023 adalah Juara 1 Yonif 4 Marinir, Juara 2 Yon Taifib 1 Marinir dan Juara 3 Yonif 5 Marinir.@Red

Related Posts