Daerah

Kadisdiksu Pimpin Penyambutan Pejabat UPTD TIKP 

MEDAN,KLIK7TV.CO.ID – Penyambutan pejabat organisasi struktur baru di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara yang diberi nama Unit Pelaksana Teknis Daerah Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (UPTD TIKP) berlangsung khidmat dan sederhana. 

Kepala Dinas Pendidikan Provsu Dr H Asren Nasution MA memimpin langsung acara tersebut didampingi Sekretaris Disdiksu Kurnia Utama ST, Kacabdis Wilayah I August Sinaga yang digelar di Aula T Amir Hamzah Jalan Teuku Cikditiro Medan, Kamis (24/8/2023).

Pelantikan pejabat organisasi struktur UPTD TIKP baru dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi pada 4 Agustus 2023 di Aula T Rizal Nurdin terdiri dari Kepala UPTD TIKP Juwita Iranita Lumbangaol SPd, MM, Kasubag Tata Usaha Eryanti Lubis SPd.I, Kepala Seksi Pengembangan Teknologi Pembelajaran Produksi TIK Thamrin Dedy Sunarto ST, Kepala Seksi Pelayanan dan Pemanfaatan Jejaring Ahmad Ibnu Hendrawan S.STP, MAP. 

Kadisdiksu mengatakan, UPTD TIKP yang baru dibuka dilingkungan Dinas Pendidikan Provsu sebagai struktur baru di Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbudristek). “Kita berharap UPTD TIKP ini supaya memberikan warna yang baru dalam dunia pendidikan,” katanya. 

Asren berjanji akan memberikan fasilitas sarana, prasarana, gedung, tenaga ASN dan honor supaya kinerja UPTD TIKP berjalan maksimal kedepannya. “Kami lagi koordinasi dengan pihak-pihak terkait supaya difasilitasi dengan beberapa perangkat pendukung yang memadai sebagai acuan program kerja UPTD TIKP agar berjalan dengan baik,” ujarnya. 

Kepala UPTD TIKP Juwita Iranita Lumbangaol menjelaskan, kehadiran UPTD TIKP ini akan menyajikan data yang lebih akurat, informasi dan komunikasi yang berbasis teknologi.

Sehingga hal-hal yang terjadi bersifat manual akan menjadi bersifat digital dengan adanya teknologi adalah penerapan teknologi dalam dunia pendidikan khususnya di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara. 

Selanjutnya juga penyajian data, penelitian komunikasi untuk pendidikan ikut terpanggil untuk berperan dalam pemecahan masalah-masalah pendidikan dengan memperdayakan secara maksimal baik secara sistemik dan sistematis.

“Kita berperan meningkatkan sumberdaya pendidikan berbasis teknologi dan informasi yang berkualitas. UPTD TIKP perpanjangan tangan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbudristek yang ada di dibentuk pada dinas-dinas di seluruh provinsi yang ada di Indonesia,” paparnya. 

Beberapa provinsi seperti Jawa Timur, DKI Jakarta sudah menerapkannya secara langsung. Bahkan UPTD TIKP dalam menjalankan fungsinya menjalin kemitraan kerja sama dan instansi terkait.

Juwita akan mengunjungi Komisi E DPRD  Sumut guna membahas usulan anggaran di UPTD TIKP sesuai janji bahwa Dinas Pendidikan Provsu akan memfasilitasi anggaran dana yang memadai. “Sesuai dengan tupoksi, kami akan usulkan nanti ke dewan agar mencukupi anggaran memadai agar bisa digunakan mendukung program kerja UPTD TIKP,” tambahnya. (mp/sbm)

Related Posts