TNI AL

JAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN, TNI AL BERSAMA MASYARAKAT LAKSANAKAN PROGRAM KALI BERSIH NASIONAL 2023

JAKARTA,KLIK7TV.CO.ID – TNI Angkatan Laut bersama dengan masyarakat menggelar program peduli lingkungan bertajuk “Melalui Program Kali Bersih, TNI AL Bersama Masyarakat Siap Menjaga Kelestarian Lingkungan guna Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Pada event tersebut TNI AL mengerahkan 13.500 personel tersebar di satuan-satuan TNI AL guna menyukseskan Program Kali Bersih (Prokasih) 2023 yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan Prokasih 2023 dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-78 TNI AL dilaksanakan di 78 lokasi satuan TNI AL dan di pusatkan di Kampung Bahari Nusantara (KBN) Cilincing, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (5/9).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr Opsla dan diikuti oleh Pejabat Utama Mabesal, Pangkotama TNI AL wilayah Jakarta, jajaran TNI-Polri dan para stakeholder, tampak hadir pula Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H. Peserta Program Kali Bersih 2023 yang dilaksanakan di Jakarta, tepatnya di Kali Cilincing melibatkan kurang lebih 1.000 personel peserta yang terdiri dari prajurit 3 matra dan Polri, Basarnas, Pramuka Saka Bahari, Kelompok Masyarakat Peduli Lingkungan Hidup dan masyarakat setempat yang bermukim di sekitar wilayah Kali Cilincing, Jakarta Utara.

Kasal dalam sambutannya menyampaikan bahwa sungai adalah tempat tumbuhnya peradaban manusia yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air rumah tangga, pertanian, perikanan dan transportasi. Selain itu, sungai juga memiliki fungsi penting bagi alam yaitu sebagai pendukung utama kehidupan flora dan fauna. “Dengan banyaknya manfaat yang dapat diambil dari keberadaan sungai, maka sudah selayaknya kita untuk menjaga keberlangsungan ekosistem sungai sebagai tanggung jawab kita bersama untuk melestarikan warisan alam yang tak ternilai. Diharapkan dengan dilaksanakannya Program Kali Bersih ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan perairan dan sungai, serta meningkatkan kerjasama lintas sektoral dalam upaya mempertahankan keseimbangan ekosistem air dan melindungi sumber daya air untuk generasi yang akan datang.” ujar Kasal.

Lebih lanjut dalam lingkup yang lebih luas, kegiatan ini merupakan wujud komitmen TNI AL bersama segenap komponen bangsa untuk mewujudkan kelestarian lingkungan hidup guna mendukung strategi Pemerintah dalam pembangunan kesehatan, pemantapan ketahanan air, dan ketahanan nasional, yang telah ditetapkan sebagai salah satu pilar utama untuk mendukung upaya pembangunan yang berkelanjutan dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Diharapkan dengan Program Kali Bersih dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian lingkungan khususnya ekosistem sungai. (Dispen Kolinlamil)

Related Posts