Ekonomi

Indonesia dan RRT Terus Perkuat Kerja Sama Ketenagakerjaan

JAKARTA, KLIK7TV.CO.ID – Pemerintah Indonesia terus berupaya memperkuat kerja sama di bidang ketenagakerjaan dengan RRT. Hal tersebut disampaikan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI, Ida Fauziyah, saat melakukan Courtesy Call dengan Menteri Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial RRT, Wang Xiaoping, di Beijing, RRT, Rabu (3/7/2024) waktu setempat.

“Indonesia dan RRT telah melakukan kerja sama yang erat diberbagai bidang. Oleh karena itu, kunjungan kali ini untuk kami ingin lebih memfokuskan penguatan kerja sama antara kedua negara di bidang ketenagakerjaan,” kata Ida Fauziyah.

Fokus pembahasan dalam kunjungan tersebut lanjutnya, diantaranya terkait pengembangan Labour Market Information Systems (LMIS); pengembangan pelatihan vokasi; peningkatan standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3); peningkatan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI); dan pengembangan wirausaha.

Terkait pengembangan pelatihan vokasi kata Ida, saat ini Kemnaker RI sedang menjajaki beberapa kerja sama dengan Pemerintah RRT, antara lain Pengembangan BPVP Ternate (Sofifi) melalui hibah dari Pemerintah Tiongkok; dan Pengembangan TVET di Indonesia yang berkolaborasi dengan China International Intellectech Group Co., Ltd (CIIC Group).

“Ke depannya, kami berharap kunjungan penjajakan ini dapat memberikan banyak masukan dan manfaat untuk membangun kerja sama ketenagakerjaan di Indonesia,” harap Ida. (ARMAN R)

Related Posts