TNI AL

HUT Ke-78 Tahun, TNI AL Mempersembahkan “Jalasena Laksamana Malahayati”

JAKARTA, KLIK7TV.CO.ID – TNI Angkatan Laut mempersembahkan seni teartikal Jalasena Laksamana Malahayati, yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Ulang Tahun ke – 78 TNI Angkatan Laut yang jatuh pada 10 September mendatang. Pentas seni teater ini digelar di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Jumat (08/09).  Kisah ini menceritakan sosok Malahayati sebagai Panglima Armada Laut perempuan pertama di dunia dari Kesultanan Aceh Darussalam pada abad 16 dalam melawan penjajahan.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan bahwa lewat kisah hidup dan sejarah Laksamana Malahayati mampu menjadi inspirasi bagi wanita Indonesia, selain itu juga dalam membangun kekuatan maritim, dimana negara ini merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia.

Seperti yang telah diketahui, Laksamana Malahayati bersama Laskar Inong Balee, sebuah kesatuan yang berisikan lebih dari 2.000 prajurit perempuan terdiri dari para janda pejuang tanah Aceh, berjuang dalam mengusir bangsa asing dari Tanah Rencong, bahkan hingga berhasil menewaskan tokoh Belanda Cornelis de Houtman.

Senada dengan itu, Panglima TNI Laksmana TNI Yudo Margono yang hadir untuk menyaksikan pertunjukan tersebut menyampaikan apresiasinya atas pagelaran ini, dan diharapkan jiwa patriotisme, keberanian maupun nasionalisme yang ditunjukan oleh Laksamana Malahayati dapat diwariskan serta menginspirasi para generasi penerus bangsa.

Dalam pertunjukan ini, TNI AL sebagai eksekutif produser menggandeng sejumlah nama besar di dunia seni pertunjukan seperti artis Marcella Zalianty yang merupakan produser sekaligus sebagai pemeran utama dalam cerita ini, Arswendi Bening sebagai Sultan Aceh, Cut Mini yang memerankan sosok ibu Laksamana Malahayati, dan Teuku Rifnu Wikana sebagai suami Malahayati, serta Aulia Sarah yang memerankan Cut Limpah.

Pertunjukan disutradarai oleh Iswandi Pratama dibantu Jay Soebijakto selaku penata artistik, dan Toro Arto sebagai pimpinan produksi. Ikut dilibatkan Nya Ina Raseuki atau Ubiet sebagai pelantun lamen dan koreografer senior Hartati sebagai penata gerak, untuk penata musik dipercayakan kepada Indra Perkasa.

Sejumlah pejabat tinggi negara dan TNI – POLRI turut hadir dalam menyaksikan teatrikal Jalasena Laksamana Malahayati, diantaranya Wapres RI Ke-11 Bapak Boediono, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Agus Subianto, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, serta sejumlah pejabat tinggi lainnya. @Red

Related Posts