TNI AL

HUT KE-78 REPUBLIK INDONESIA, KOLINLAMIL SIAP MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU

JAKARTA,KLIK7TV.CO.ID – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia tahun 2023, Komando Lintas Laut Militer melaksanakan upacara bendera di lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (17/8). Upacara yang berlangsung khidmat ini diikuti oleh seluruh prajurit dan PNS jajaran Kolinlamil dengan Inspektur Upacara Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H.

Sebelumnya, Panglima Kolinlamil beserta sejumlah Pejabat TNI-Polri turut mengikuti rangkaian peringatan HUT ke-78 RI berupa Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pada pukul 00.00 WIB. AKRS merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan dan sebagai generasi penerus bangsa sudah selayaknya untuk meneladani patriotisme dan semangat perjuangan tanpa menyerah.

Pada tahun ini, tema peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia 2023 adalah “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Tema tersebut mencerminkan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan upaya pembangunan, serta bekerja sama dalam memanfaatkan kesempatan demi kemajuan Indonesia. Dalam amanatnya yang dibacakan oleh Panglima Kolinlamil, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan bahwa peringatan hari ulang tahun kemerdekaan pada hakekatnya merupakan bentuk penghormatan sekaligus penghargaan kepada para pejuang, pendiri Republik Indonesia, para pahlawan sejati yang telah memberikan segala-galanya melampaui dari apa yang seharusnya diberikan. Oleh sebab itu sebagai generasi penerus, wujud penghormatan dan penghargaan yang paling mulia harus diberikan adalah untuk mewarisi tradisi dan nilai-nilai kejuangan serta melanjutkannya untuk mengisi kemerdekaan.

TNI sebagai garda terdepan dan sekaligus sebagai benteng terakhir Bangsa, akan dituntut menjunjung tinggi komitmen untuk selalu membela kepentingan dan hak masyarakat luas. Untuk itu seluruh Prajurit TNI wajib mengamalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI sebagai komitmen moral Prajurit dalam membantu meringankan kesulitan masyarakat di sekelilingnya. Peringatan kemerdekaan Indonesia tahun ini akan menjadi tonggak baru untuk membangun komitmen yang lebih segar dengan memupuk karakter dan nilai-nilai luhur bangsa.

Usai melaksanakan upacara bendera, Panglima Kolinlamil beserta Pejabat Utama dan Kepala Satuan Kerja Kolinlamil selanjutnya menuju Gedung Laut Nusantara untuk menyaksikan rangkaian kegiatan detik-detik Proklamasi yang berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. (Dispen Kolinlamil)

Related Posts