POLRI

Hadiri Zoom Meeting Kegiatan Kapolri dalam Polri Lestarikan Negeri, Kapolres Matro Bekasi Kota Tanam Pohon di Mapolsek Bekasi Utara

BEKASI, KLIK7TV.CI.ID – Aksi nyata gerakan nasional mensyukuri kemerdekaan bangsa dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia yang ke-78, Polda Metro Jaya mengambil langkah proaktif dalam menjaga lingkungan dan bumi yang lebih baik dengan turut serta dalam gerakan penanaman 100.000 pohon.

Kegiatan dilaksanakan secara serentak 34 Polda di seluruh Indonesia melalui virtual zoom meeting yang dipimpin langsung Bapak Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dari Pulau Rinca Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT) disela – sela kegiatan ASEAN Ministerial Meeting On Transnational Crime (AMMTC) +3 ke-17 diikuti 34 Polda dan Seluruh Polres dan Polsek di Indonesia.

Polres Metro Bekasi Kota dalam pelaksanaan penanaman pohon dipimpin langsung Kapolres Kombes Pol Dani Hamdani, S.I.K, M.P.M, diikuti Pejabat Utama Polres Metro Bekasi Kota, Kapolsek Bekasi Utara Kompol Arwan A.SH, MM, Wakapolsek AKP Fatholi, S.E, PJU Polsek Bekasi Utara, Bhabinkamtibmas Jajaran Polsek Bekasi Utara dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi.

Sementara di lain tempat, Polda Metro Jaya melaksanakan kegiatan penanaman pohon tersebut yang dihadiri Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, PJ. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Pejabat Utama Polda Metro Jaya dan Forkopimda bertempat di Mapolsek Kalideres Jakarta Barat serta wilayah Polres jajaran Polda Metro Jaya, Rabu (23/8/2023).

Program “Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini secara Hybrid bersama dengan Kapolda dan Kapolres Seluruh Indonesia” adalah gagasan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo serta merupakan rangkaian dari kegiatan AMMTC ke-17 tahun 2023 pertemuan Kapolri dengan Para Kepala Kepolisian ASEAN di Labuan Bajo pada tanggal 20 s.d. 24 Agustus 2023.

PJ. Gubernur DKI Jakarta menyambut baik Kegiatan ini karena selaras dengan program yang digagasnya untuk melakukan penghijauan di wilayah DKI Jakarta. Kemudian dirinya mengungkapkan adanya dampak positif yang ditimbulkan antara lain dapat mengurangi polusi udara yang saat ini sudah di atas ambang sehat, selanjutnya manfaat lain nya adalah masyarakat juga dapat merasakan manfaat langsung dari hasil kegiatan penanaman pohon ini, Terakhir dari segi ekonomi dapat mengurangi buah impor yang saat ini mendominasi pasar.

Pada kesempatan yang sama Kapolda Metro Jaya mengungkapkan dukungannya kepada upaya pemerintah untuk mengurangi polusi udara yang saat ini dalam kondisi tidak sehat. Selain itu juga mendukung upaya pemerintah dalam ketahanan pangan di Indonesia khususnya di DKI Jakarta.

Di temui di tempat yang sama Deputi V Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Budaya dan Peningkatan Prestasi Kemenko PMK, Bapak Didik Suhardi mengapresiasi langkah Polri sebagai upaya nyata dalam mendukung gerakan Revolusi Mental serta masih dalam suasana bulan kemerdekaan langkah ini dipandang sebagai wujud mensyukuri nikmat Tuham YME berupa tanaman yang dapat memberikan manfaat bagi manusia di sekelilingnya.

Karo SDM Polda Metro Jaya Kombes Pol Langgeng Purnomo megatakan bahwa tujuan penanaman 100 Pohon Pule dan Kayu Putih yang dilaksnakan oleh PJ Gubernur DKI Jakarta , bersama dengan Kapolda Metro Jaya, seluruh Forkopimda serta tamu undangan adalah upaya untuk mengatasi kekeringan dan atau abrasi disekitaran Bantaran sungai Kalideres.

Kegiatan penanaman pohon ini juga merupakan wujud nyata kolaborasi antara aparat Kepolisian dengan masyarakat. Warga setempat turut bergabung dalam aksi ini, menunjukkan adanya kesadaran bersama dalam menjaga alam dan mewujudkan lingkungan yang lebih sehat dan lestari.

Langgeng menambahkan bahwa “Peran Polisi tidak hanya sebatas penegakan hukum, tetapi juga terlibat aktif dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan,” imbuhnya.

Langgeng berharap penanaman 100.000 pohon yang didominasi tanaman buah seperti alpukat, durian, jambu dan jenis pohon sengon serta jati tersebar di wilayah Polres jajaran Polda Metro Jaya ini dapat memberi manfaat untuk menjadikan lahan yang kosong lebih produktif dan manfaatnya juga bisa dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar.

Lebih lanjut, kegiatan ini juga menjadi ajang edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan demi keberlangsungan hidup yang lebih baik.” pungkasnya.@Wilson.P

Related Posts